/Profil Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus

Profil Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus

Irjen Pol Akhmad Wiyagus menjadi Kapolda Jabar, menggantikan Irjen Pol Suntana, yang akan promosi jabatan menjadi Komisaris Jenderal.

Hal ini tertuang dalam surat telegram Kapolri nomor ST/713/III/KEP/2023 tanggal 27 Maret 2023.

“Bagi saya ini adalah kehormatan. Saya akan melanjutkan apa yang dicapai Pak Suntana,” ucap Wiyagus pada malam pisah sambut Kapolda Jabar, di halaman Mapolda Jabar, Selasa 4 April 2023.

Wiyagus bukanlah orang baru di Jabar. Selain pernah jadi Wakapolda Jabar selama 1,5 tahun pada tahun 2019. Wiyagus yang lahir di Tasikmalaya 23 September 1967 ini, pernah menjabat sebagai Kapolsek Margacinta dan Kapolsek Regol di wilayah Polrestabes Bandung tahun 1996 dan Kapolres Sumedang tahun 2008.

Memiliki latar belakang reserse, pria lulusan Akpol tahun 1989 ini karirnya cukup cemerlang. Sejumlah jabatan strategis pernah diembannya, antara lain bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai Direktur Pengaduan Masyarakat.

Pernah juga beberapa kali menjadi Kapolda dan yang terakhir menjabat Kapolda Lampung tahun 2022.

Di dalam kepemimpinannya Wiyagus dikenal sebagai pemimpin yang memiliki integritas tinggi serta selalu menanamkan prinsip Tribrata dan Catur Prasetya kepada bawahannya.

Wiyagus kemudian terpilih sebagai penerima Hoegeng Award 2022 dalam kategori polisi berintegritas. (Humas Pemprov Jabar/Golali.id)

Foto : Humas Pemprov Jabar