/Profil Fotografer Konferensi Asia Afrika 1955, Inen Rusnan

Profil Fotografer Konferensi Asia Afrika 1955, Inen Rusnan

Inen Rusnan menjadi salah satu tokoh penting di balik pelaksanaan Konferensi Asia Afrika (KAA) di Gedung Merdeka, Kota Bandung Provinasi Jawa Barat, pada April tahun 1955.

Saat itu, Inen bertugas menjadi bagian dokumentasi sebagai fotografer yang mengabadikan momen KAA. Saat itu, Inen Rusnan baru berusia sekitar 17 tahun.

Dikutip dari berbagai sumber, meski berusia muda, Inen saat itu tidak canggung menjalankan tugasnya. Sebab Inen Rusnan sudah terbiasa menjadi fotografer lepas dan mengirim karyanya ke sejumlah media massa di Jawa Barat.

Karena pengalaman itu, Inen Rusnan didaulat panitia menjadi fotografer pengabadi momen KAA. Panitia tak ragu karena Inen Rusnan punya pengalaman memotret berbagai kegiatan penting yang melibatkan pejabat.

Bermodalkan kamera Leica F3, Inen Rusnan mengabadikan berbagai momen penting kegiatan KAA saat itu. Foto-foto hasil jepretan pria kelahiran Sumedang, 2 Agustus 1937 itu kemudian disebarluaskan ke seluruh penjuru dunia. Agar dunia tahu negara-negara di Asia dan Afrika netral dan membentuk poros sendiri.

Kini, di rumahnya yang sederhana di kawasan Cipaganti, Kota Bandung Provinsi Jawa Barat, Inen Rusnan masih menyimpan banyak foto bersejarah hasil jepretan kamera merek Leica-nya. Tak hanya momen KAA saja, banyak foto hasil jepretannya yang terus Inen Rusnan simpan.

Hasil foto Inen Rusnan pun juga mejeng di Museum Konferensi Asia Afrika. Bahkan banyak dari para delegasi yang membawa hasil foto Inen Rusnan ke negaranya masing-masing untuk kenang-kenangan.

Selain foto KAA, masih ada sejumlah foto yang tersisa yaitu foto-foto saat Inen Rusnan meliput di zaman dahulu. Ada juga beberapa foto Inen Rusnan dengan sejumlah pejabat, salah satunya Presiden Pertama RI, Soekarno.

Foto bersama Soekarno menjadi kenangan perjalanan Inen Rusnan sebagai fotografer sekaligus perekam sejarah. Inen Rusnan lebih banyak belajar fotografi secara otodidak. Sepanjang hidupnya, Inen Rusnan terus berkutat dengan dunia foto. Inen Rusnan tak bisa lepas dari profesinya karena memiliki kecintaan tersendiri pada dunia fotografi. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

dok : Dispenda Jabar

TAGS: