Asep Ruswandi sejak 2020 membangun UMKM dalam bidang fashion untuk kucing bermerek Bukipet, pria asalah Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat ini mulai memasuki dunia bisnis saat masih berkuliah di jurusan Kewirausahaan Universitas Garut.
Sejak semester dua, pria kelahiran tahun 1999 ini aktif melakukan riset pasar dan mencoba berjualan di platform e-commerce. Dari hasil analisis kata kunci iklan dan tren pencarian di internet, Asep Ruswandi menemukan pakaian hewan peliharaan khususnya kucing, memiliki permintaan tinggi dengan jumlah pemain yang masih terbatas.
“Saya melihat peluang besar untuk menghadirkan produk lokal berkualitas yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan pemilik hewan peliharaan. Saat itu, pilihan pakaian kucing di pasar masih didominasi oleh produk impor, sementara alternatif produk lokal sangat terbatas. Untuk itu, Bukipet resmi saya dirikan pada tahun 2020 dengan meluncurkan produk lokal pakaian kucing berkualitas yang estetik, nyaman, dan fungsional untuk berbagai kebutuhan,”
“Sejak awal berdiri, Shopee selalu menjadi kanal penjualan utama Bukipet, dengan lebih dari 77 persen total penjualannya berasal dari platform Shopee. Konsistensi Bukipet dalam mengikuti rangkaian kampanye belanja tematik Shopee, seperti pada kampanye 12.12 Birthday Sale tahun 2024 Bukipet berhasil mengalami peningkatan transaksi hingga 6 Kali Lipat dibandingkan hari biasa,” beber Asep Ruswandi dalam siaran pers dari Shopee yang diterima Golali.id, Senin 24 Maret 2025.
Pada awal merintis usaha ini, Asep Ruswandi mengerjakan seluruh kegiatan bisnis sendiri. Hingga akhirnya kini memiliki banyak karyawan, setelah perusahaannya terus maju.
“Saya memulai semuanya sendiri, dari merancang hingga menjahit. Setiap produk yang dibuat adalah hasil dari trial and error (uji coba) yang panjang. Namun, saya percaya bahwa dengan konsistensi dan riset yang tepat, bisnis ini bisa berkembang,”
“Kini, saya bersyukur bisa membangun tim yang solid dengan membuka lapangan pekerjaan bagi 30 karyawan, yang mengelola berbagai aspek produksi, mulai dari desain, penjahitan, quality control, hingga pemasaran Bukipet. Bagi saya, kesuksesan Bukipet bukan hanya milik diri sendiri, tetapi juga seluruh tim yang bekerja keras di baliknya,” sambung Asep Ruswandi.
Produk Bukipet
Adapun produk pakaian kucing merek Bukipet yang dihasilkan Asep Ruswandi beragam mulai dari baju tanpa lengan, gaun, dan hoodie khusus kucing, serta koleksi musiman, seperti baju koko dan baju spesial hari raya.
Bukipet juga memperluas inovasinya dengan menyediakan pakaian fungsional, seperti baju pasca-operasi yang dirancang khusus untuk kucing yang sedang dalam masa pemulihan. Untuk memastikan keberlanjutan inovasi produknya, Bukipet secara konsisten meluncurkan 4-5 produk baru setiap bulan, menyesuaikan dengan tren dan kebutuhan pemilik hewan peliharaan.
Baca juga : Strategi UMKM di Marketplace Indonesia
Melalui Program Ekspor Shopee, produk Bukipet telah diterima pasar internasional seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand.
“Ekosistem Shopee sangat berperan penting dalam pertumbuhan Bukipet sejak awal berdiri hingga sekarang, terutama dalam memahami tren pasar dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Beragam fitur interaktif seperti Shopee Live dan Affiliate Marketing Solutions membantu kami dalam meningkatkan interaksi dengan pembeli sekaligus meningkatkan penjualan. Rangkaian kampanye belanja dan program khusus, seperti Shopee Pilih Lokal dan Program Ekspor Shopee pun turut memberi panggung lebih untuk Bukipet dikenal khalayak luas,” aku Asep.
Di Shopee pun Bukipet menjadi penjual nomor satu di kategori pakaian hewan peliharaan. Perubahan pola belanja konsumen yang kini semakin berorientasi ke pengalaman penuh interaksi, membuat Asep mengoptimalkan fitur interaktif seperti Shopee Live dan Shopee Video. Kedua fitur interaktif tersebut kini menjadi kanal baru untuk mendorong peningkatan penjualan.
Setiap harinya, Bukipet mengadakan tiga sesi live streaming setiap hari, di pagi, sore, dan malam, guna membangun interaksi yang lebih dekat dengan pelanggan.
“Lewat Shopee Live, saya melihat kanal live streaming telah menjadi wadah edukasi bagi para pemilik hewan peliharaan dalam memilih produk yang tepat untuk anabul mereka,” imbuh Asep Ruswandi.
Selain itu, Bukipet memanfaatkan kanal kolaborasi dengan konten kreator melalui program Affiliate Marketing Solution. Strategi ini membantu produk Bukipet dapat dipromosikan oleh para kreator, hingga berhasil memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. (Yatni Setianingsih/Golali.id)