/Prof. Srihadi Sudarsono Adhikoesoemo, Guru Besar dan Desainer Lambang ITB Tutup Usia

Prof. Srihadi Sudarsono Adhikoesoemo, Guru Besar dan Desainer Lambang ITB Tutup Usia

Prof. Kanjeng Raden Haryo Tumenggung H. Srihadi Sudarsono Adhikoesoemo, MA., seorang Guru Besar purnabakti Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB, tutup usia pada Sabtu 26 Februari 2022pukul 05.20 WIB di Bandung.

Prof. Srihadi yang dikenal sebagai seorang pelukis itu wafat pada usianya yang ke-90 tahun. Ia merupakan alumni ITB yang karya lukisnya diakui dunia. Untuk mengenang jasa almarhum, ITB menyelenggarakan upacara pelepasan jenazah di Aula Timur ITB secara militer. Sebelumnya, jenazah disalatkan di Masjid Salman ITB. Almarhum kemudian disemayamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta.

Berdasarkan buku Aura Biru – Catatan Para Pelaku Sejarah ITB yang diterbitkan oleh ITB pada tahun 2009, terdapat tulisan yang berjudul “Nostalgia Kampus ITB, Dalam Lima Aura Warna” karya A.D. Pirous. Pada tulisan tersebut, disebutkan bahwa Prof. Srihadi merupakan orang yang mendesain lambang ITB yang bentuknya masih lestari hingga saat ini. Tugas mendesain tersebut merupakan tugas dari para tokoh masyhur ITB, di antaranya Prof. Ir. Soetedjo, Prof. S. Soemardja, Prof. Soemono, dan Prof. Ir. R.O. Kosasih.

Sekretaris Institut ITB, Prof. Dr.-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo menyampaikan pesan Rektor ITB bahwa almarhum adalah sosok yang santun dan penuh hormat kepada siapapun baik senior maupun yuniornya. Sejumlah prestasi dan jasa serta bakti telah dipersembahkan kepada masyarakat bangsa dan negara, yang  tidak dapat saya sebutkan satu persatu.

“Pada kesempatan yang penting ini, saya atas nama keluarga besar ITB, menghaturkan duka cita yang mendalam kepada keluarga besar Bapak Prof. Kanjeng Raden Haryo Tumenggung H. Srihadi Sudarsono Adhikoesoemo, MA. semoga Allah Swt. menerima amal ibadahnya dan mengampuni segala dosa-dosanya dan semoga almarhum mendapat tempat yang terbaik dan tempat yang mulia di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah Swt.,” ujar Rektor ITB yang disampaikan oleh Sekretaris Institut ITB dalam rilisnya.

Baca juga :  Game Antarkan Azizah Assattari Mendunia

Prof. Srihadi lahir di Solo, Jawa Tengah, 4 Desember 1931. Ia merupakan lulusan Fakultas Teknik Bandung (tamat 1959) yang masih menginduk ke Universitas Indonesia. Kemudian melanjutkan sekolah Master of Arts di The Ohio State University (tamat 1962), kemudian melanjutkan research program  Fulbright-Hays grant (1980) di The Ohio State University, A.S.

Beliau Guru Besar Institut Teknologi Bandung 1992, proses belajar mengajar di almamater selama 40 tahun dan menerima penghargaan piagam bakti cendekia utama ITB tahun 1998. (*/Golali.id)

Foto : Humas ITB