/Produk UMKM Shopee Solo Dipromosikan di Paris Lewat Program Java in Paris

Produk UMKM Shopee Solo Dipromosikan di Paris Lewat Program Java in Paris

Ratusan produk UMKM dari Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dipamerkan di Le BHV Marais, salah satu department store terbesar di Prancis, bagian dari jaringan Galeries Lafayette. Acara bertajuk “Java in Paris” ini berlangsung lebih dari satu bulan yaitu, mulai 8 Juni hingga 17 Juli 2022.

Adapun produk hasil karya pelaku UMKM Kota Surakarta yang telah mengikuti Kampus  UMKM Shopee Ekspor Solo ini, yaitu mulai dari batik Solo, anyaman, kerajinan tangan, hingga kopi asal Indonesia.

Pembukaan “Java in Paris” berlangsung Kamis, 9 Juni 2022 yang dihadiri Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk ​Prancis, Andorra, Monako, serta Delegasi Tetap Republik Indonesia untuk UNESCO, Mohamad Oemar, Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming, Co-Founder & Chief Operating Officer Sea, Ye Gang, dan Direktur BHV Marais and Home & Eataly Paris Marais Purchasing, Amandine de Souza.

Wali Kota Surakarta (Solo) Gibran Rakabuming mengatakan program “Java in Paris” ini menjadi momen yang sangat baik , untuk kebangkitan UMKM Surakarta.

“Karena banyak UMKM yang terpukul karena pandemi Covid-19. Melalui program ini untuk memperlihatakan keragaman kita yang dapat dilihat warga Paris,” tutur Gibran Rakabuming.

Lebih lanjut, Gibran Rakabuming berpesan kepada para pelaku UMKM yang mendapatkan kesempatan produknya dipromosikan pada ajang “Java in Paris” ini dapat terus memperbaiki kualitas produk dan kemasannya.

Sementara itu, Direktur BHV Marais and Home & Eataly Paris Marais Purchasing, Amandine de Souza menjelaskan kerja sama ini untuk memperkenalkan produk maupun budaya yang otentik dengan sentuhan modern dari Indonesia yang belum dikenal warga Prancis.

“Termasuk komoditas dan seni pertunjukan khususnya dari Solo. Sehingga kedepannya banyak wisatawan Prancis yang datang ke Indonesia,” ucap Amandine de Souza.

Baca juga :  Shopee Fasilitasi Guru dan Siswa SMK di Jabar Pengembangan Bisnis Digital

Program “Java in Paris” ini merupakan kolaborasi dari Shopee bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris, dan Le BHV Marais Paris. Pembukaan program “Java in Paris” juga dimeriahkan dengan pertunjukan budaya persembahan para pekerja seni dan budaya dari Solo, yang diarahkan oleh Koreografer Eko Pece, diikuti dengan penampilan dari Anggun C. Sasmi, Penyanyi Internasional asal Indonesia di Paris. (Yatni Setianingsih/Golali.id)