/Prediksi Arus Mudik dan Balik di Stasiun, Bandara, dan Terminal Kota Bandung

Prediksi Arus Mudik dan Balik di Stasiun, Bandara, dan Terminal Kota Bandung

Kepala PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional II Bandung, Joko Widagdo menjelaskan untuk pemesanan tiket tanggal 28 April-1 Mei telah habis 100 persen.

“Untuk arus mudik sendiri puncaknya sekitar tanggal 28 April-1 Mei. Untuk arus balik puncaknya diprediksi tanggal 6-7 Mei,” kata Joko dalam rilis HUMAS PEMKOT BANDUNG, Senin 25 April 2022.

Ia optimis jika target pemudik 700.000 orang bisa tercapai melihat antusias masyarakat untuk mudik sudah semakin meningkat.

“Rata-rata mudik ke arah timur dan barat, banyaknya tujuan Jakarta. KAI sendiri menyediakan kapasitas 16.000 tiket untuk penumpang jarak jauh,” sambungnya.

PT KAI telah menyediakan 109 kereta mudik untuk semua jurusan baik yang ke timur maupun ke barat.

“Dari 22 April -13 Mei kita menghadapi mudik Lebaran dengan persiapan yang baik, termasuk prokes,” ucap Joko.

Bandara Husein Sastranegara

Sementara itu, Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung, Cin Asmoro memaparkan persiapan layanan mudik di bandara.

“Posko angkutan Lebaran 2022 sudah resmi dibuka. Prediksi arus mudik pada 30 April 2022. Sedangkan arus balik itu di pada 5 atau 8 Mei,” ujar Cin.

Untuk rencana periode angkutan Lebaran di Bandara Husein Sastranegara dilakukan dari H-10 sampai H+10. Namun, Cin mengakui, jika sampai saat ini belum ada kenaikan penumpang secara signifikan.

“Dari H-10 ada 1.600 penumpang keberangkatan dan kedatangan, harapannya bisa mencapai 2.800 penumpang. Rata-rata tujuannya itu ke Surabaya, Denpasar, dan Medan. Mungkin peningkatan akan terjadi di hari H Idulfitri,” tuturnya

Salah satu persiapan yang telah dilakukan pihak Angkasa Pura II adalah menyediakan gerai vaksin dan antigen.

“Gerai ini untuk mendukung jika ada penumpang belum vaksin booster. Kami juga menyediakan fasilitas antigen dan PCR untuk penumpang yang belum boleh vaksin dosis 3,” imbuh Cin.

Selain itu, Cin menambahkan, jika ada calon penumpang yang tidak memiliki ponsel untuk check in PeduliLindungi, akan dilakukan verifikasi manual.

“Jika ada penumpang yang tidak memiliki ponsel, kami juga ada tim yang akan memverifikasi persyaratan hard copy secara manual,” tuturnya.

Terminal Leuwipanjang dan Cicaheum

Sedangkan prediksi puncak arus mudik di Terminal Leuwipanjang dan Cicaheum berdasarkan data dari Dishub Kota Bandung akan terjadi pada 29 hingga 30 April 2022 atau H-3 dan H-2 Idulfitri. Adapun prediksi puncak arus balik terjadi di tanggal 8 Mei 2022 atau H+5 Idulfitri.

Pada mudik lebaran tahun ini, ada sekitar 25.000 kursi bus per harinya yang tersedia untuk masyarakat yang hendak mudik ke kampung halaman.

Jumlah tersebut merupakan gabungan dari 17.775 kursi per hari yang tersedia di Terminal Leuwipanjang dan 7.800 kursi per hari yang tersedia di Terminal Cicaheum. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : Humas Pemkot Bandung