/Pilihan Boneka di Kampung Boneka Sayati

Pilihan Boneka di Kampung Boneka Sayati

Kampung Boneka Sayati sebagai sentra boneka di Kabupaten Bandung, tak hanya menghadirkan beragam bentuk boneka. Tetapi juga menyajikan boneka dengan berbagai ukuran dan keperluan, baik yang dibuat atas insiatif perajin maupun pesanan.

Koordinator Perajin Kampung Boneka Sayati, Dadang AS kepada Golali, beberapa waktu silam menjelaskan produk boneka yang ada di Kampung Boneka Sayati :

  1. Para perajin membuat boneka menyesuaikan dengan bentuk binatang, emoticon, tokoh kartun, games yang sedang viral atau hits di masyarakat.
  2. Ukuran boneka yang dibuat mulai yang mungil yaitu 15 cm untuk gantungan kunci sampai yang besar dengan tinggi 150 cm.
  3. Para perajin sering mendapatkan pesanan pembuatan maskot, pesanan berasal dari lembaga pemerintah dan perusahaan swasta.
  4. Boneka pun sering dipesan pengusaha fashion untuk melengkapi produknya
  5. Alat untuk membuat boneka menggunakan mesin jahit khusus, masih dikerjakan secara manual oleh para pegawai satu per satu sehingga lebih detail dan rapih.
  6. Boneka buatan Kampung Boneka Sayati berbahan kain velboa dan rasfur untuk bagian luar. Untuk bagian dalam diisi dengan silikon dan serat kapas yang lembut dan empuk.
  7. Pengunjung bisa membeli boneka secara eceran maupun partai besar dengan
    harga yang berbeda.

Seperti diketahui, Kampung Sayati Hilir di Desa Sayati Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung telah mulai menjadi sentra boneka sejak tahun 1970-an. Meskipun pernah dihantam krisis moneter tahun 1998, gempuran produk Cina di pasar boneka global, dan pandemi Covid-19. (*/Golali.id)

Baca juga :  Lahir di Bulan Agustus ? Ada Tawaran Menarik dari Neo Malioboro