/Perjalanan Suheri Kiswanto Dirikan ANT Project

Perjalanan Suheri Kiswanto Dirikan ANT Project

Suheri Kiswanto atau akrab disapa Heri, mengawali bisnisnya sebagai reseller produk alas kaki dari brand lain, Heri terinspirasi dan percaya, dirinya juga mampu memulai bisnis di ranah tersebut.

Pada tahun 2019, Heri mulai membuat konsep ANT Project dan meluncurkan brand-nya di awal tahun 2020 silam satu bulan sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Pemilihan ANT sebagai nama brand, terinspirasi dari semut (Ant dalam bahasa Inggris) sebagai binatang kecil namun pekerja keras dan suka bergotong royong untuk mencapai tujuannya. Filosofi ini pula yang ingin ia bangun sebagai visi dan misi dari ANT Project.

Awalnya proses produksi pun masih dilakukan secara sederhana, dimana Heri menggunakan bantuan vendor produksi rumahan dan dibantu oleh 5 orang karyawan.

“Pada saat pandemi, kami merasa pesimis karena kondisi ekonomi yang tidak pasti. Apalagi sebagai pemilik bisnis yang baru merintis. Namun kami terus gigih dan mencoba beradaptasi mengikuti perilaku masyarakat yang berubah dengan memfokuskan penjualan kami secara online di Shopee. Hingga akhirnya kami bisa melihat peningkatan yang signifikan dan kami bisa memproduksi produk kami sendiri. Saat ini bahan baku juga kami sudah bisa stok sendiri terutama untuk bahan-bahan yang susah di pasaran untuk menyiasati kekosongan bahan baku,” tutur Heri dalam Seller Story Shopee 3.3 Grand Fashion Sale: Kisah ANT Project Bawa Sisi Baru untuk Gaya Fashion Tas Pria, beberapa waktu lalu.

ANT Project yang berada di Bandung ini, kini bisa memberdayakan lebih banyak karyawan yang mencapai 40 orang dan membina UKM sekitarnya yang khusus membantu produksi ANT Project.

“Semua produk ANT Project juga dikerjakan oleh UKM lokal yang ada supaya kami juga bisa memberikan lapangan pekerjaan yang sebanyak-banyaknya,” sambungnya.

Selain tantangan di bidang penjualan harus jeli melihat peluang secara online, Heri harus menghadapi persaingan dengan brand kompetitor yang sudah ada di pasar sebelumnya yang memiliki produk setipe.

Namun justru ini menjadi motivasi untuk dirinya untuk bisa membawa konsep yang berbeda bagi ANT Project, sebagai produk tas pria berkualitas dengan harga jual yang terjangkau dan model-model yang variatif.

Adapun berbagai produk dari ANT Project mulai dari jenis produk kategori pouch pria. ransel, handbag organizer, tas selempang, totebag dan lain-lain. (Yatni Setianingsih/Golali.id)