/Perjalanan Inacraft yang Hadir Sejak 1999

Perjalanan Inacraft yang Hadir Sejak 1999

Inacraft 2022 digelar mulai Rabu 23 Maret 2022 sampai Minggu 27 Maret 2022, di Balai Sidang Jakarta Convertion Center (JCC) Jalan Gatot Subroto Jakarta. Perjalanan pameran yang digelar setiap tahun ini, mulai berlangsung sejak April 1999.

Mengutip website inacraft.co.id, Inacraft ini kepanjangan dari The Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft). Pameran ini menghadirkan produk dari para perajin atau pengusaha kriya yang selalu diminati para buyer dari dalam negeri maupun mancanegara. Sehingga pameran ini memberi dampak naiknya nilai ekspor kerajinan tangan Indonesia.

Di sisi lain, kriya Indonesia terbukti menjadi salah satu primadona komoditas non-migas yang tahan banting. Ini terbukti saat krisis ekonomi datang menghempas, para perajin tak lantas gulung tikar. Malah sebaliknya, walau kecil, pendapatan negara dari sektor ini terbilang sangat bagus. Hingga akhirnya industri kriya kini menjadi salah satu pilar ekonomi Nasional di negeri ini.

Kehadiran Inacraft lahir dari gagasan para produsen dan eksportir handicraft Indonesia, yang tergabung dalam Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (Asephi). Asosiasi yang sudah berdiri sejak 5 April 1975.

Inacraft lahir dari pemikiran sederhana tetapi mulia, memperbaiki kesejahteraan hidup perajin dan pengusaha di bidang kerajinan di Indonesia. Deretan nama-nama penting yang tergabung dalam Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (Asephi) seperti Alm.Rudy Lengkong, Alm.H. Sjahroel Sjamsoedin, Alm.Sukartono, Thamrin Bustami, Bramantyo W. dan Hariman T. Zagloel merupakan tokoh penggagas yang melahirkan Inacraft. (*/Golali.id)

Foto : inacraft.co.id