/Peringatan 102 PTTI, Ini yang Dilakukan ITB

Peringatan 102 PTTI, Ini yang Dilakukan ITB

ITB menggelar Sidang Terbuka Peringatan 102 Perguruan Tinggi Teknik di Indonesia (PTTI) di Aula Barat Kampus ITB, Senin 4 Juli 2022, yang berlangsung secara hybrid dan disiarkan secara live streaming.

Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., menjelaskan perjalanan 102 tahun ITB sebagai lembaga pendidikan teknik tertua telah memainkan peranan kepeloporan dalam perkembangan pendidikan tinggi teknik di Indonesia.

Sebagai organisasi keteknikan tertua di Indonesia, PTTI memiliki peran untuk mendorong kemajuan dan penguasaan teknologi bagi kebudayaan, kemandirian, dan daya saing ekonomi bangsa Indonesia.

Dalam satu abad terakhir, teknologi berkembang sangat pesat seiring dengan transformasi masyarakat dunia. Banyak studi telah dilakukan untuk mempelajari keterpautan antara perkembangan tersebut dengan perubahan ekonomi dan sosial-budaya.

“Studi ini menyimpulkan bahwa penguasaan teknologi bukanlah suatu permasalahan yang dapat diselesaikan dengan cara sebatas memutakhirkan penelitian dan pengembangan,” tutur Prof. Reini dilansir dari website itb.

“Penguasaan teknologi yang berpola sistemik ini juga memerlukan difusi dan adopsi hasil-hasil penelitian dan pengembangan di berbagai sektor ekonomi, yang melibatkan kerja sama yang erat dan kontinyu dari berbagai bidang,” sambungnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan ITB harus menjadi bagian dari sistem inovasi dalam upaya pemulihan ekonomi, penguatan ketahanan kesehatan, ketahanan pangan dan energi, serta mendorong transformasi digital. Sebagai penyelenggara kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, PTTI, termasuk ITB, perlu meningkatkan keterpaduan antara kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat lewat pengembangkan pola-pola antar maupun lintas disiplin dan peningkatan kerjasama dengan berbagai sektor dan organisasi.

“Kami sangat menyadari pentingnya PTTI untuk senantiasa meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kelembagaan. Kami perlu meningkatkan kualitas karya-karya kami serta memperkuat keunggulannya untuk meraih reputasi internasional yang semakin tinggi,” tegasnya. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Baca juga :  Lokasi MTQ ke-29 Tingkat Nasional

foto : itb.ac.id