/Periksa Diabetes Melitus di Puskesmas Kota Bandung Gratis

Periksa Diabetes Melitus di Puskesmas Kota Bandung Gratis

Subkoordinator Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinkes Kota Bandung, dr. Intan Annisa, berharap, masyarakat memiliki kesadaran untuk memeriksakan diri secara dini ke puskesmas terdekat minimal satu tahun sekali, terkait Diabetes Melitus (DM).

“Gratis kok! Ini merupakan program pemerintah. Karena yang kita khawatirkan, diabetes ini termasuk jenis penyakit yang bisa berujung komplikasi, bisa menimbulkan penyakit-penyakit lainnya,” ujarnya, Senin 27 Februari 2023.

Intan menjelaskan, Diabetes Melitus adalah penyakit yang kronis, butuh waktu yang panjang dalam perjalanan perkembangan penyakitnya. Setelah itu baru terlihat gejala-gejalanya.

Intan memaparkan beberapa gejala dari DM yang bisa diperhatikan secara dini. Gejala utamanya yakni sering kencing, mudah lapar, dan cepat haus. 

“Bisa juga ada gejala tambahannya yakni berat badan menurun cepat, keputihan, kesemutan, luka sulit sembuh, penglihatan kabur, cepat lelah, cepat mengantuk, atau impoten pada pria,” paparnya. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung