/Perbedaan Mother`s Day dan Hari Ibu

Perbedaan Mother`s Day dan Hari Ibu

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berharap perjuangan perempuan tak pernah lekang oleh waktu dan semangatnya terus hidup dalam diri generasi muda. 

Demikian dituturkan Gubernur saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Ibu di halaman depan Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis 22 Desember 2022.

Saat jadi inspektur upacara, Gubernur membacakan sambutan  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati. 

“Bangsa ini dibangun dari perjuangan perempuan yang tak pernah lekang semangatnya untuk kehidupan yang lebih baik di generasi perempuan,” tutur Ridwan Kamil.

Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil mengemukakan bahwa peringatan Hari Ibu di Indonesia berbeda dengan Mother’s Day di dunia. Hari Ibu di Indonesia berdasarkan perjuangan perempuan di masa lalu.

Hari Ibu lahir oleh tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia, sebagaimana dideklarasikan pertama kali dalam Kongres Perempuan Indonesia pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta.

“Inilah yang membedakan Hari Ibu di Indonesia dan Mother’s Day di dunia. Perjuangan ini membawa keyakinan perempuan di Indonesia pemenuhan hal dan kesetaraan untuk berjalan bersama-sama,” jelasnya.

Menurutnya, perempuan di Indonesia yang saat ini terlibat aktif dalam berbagai kemajuan bangsa, menjadi inspirasi bagi perempuan lainnya.

“Perempuan yang aktif adalah inspirasi bagi kita semua dan mengubah tatanan kehidupan menjadi lebih baik,” pungkas Ridwan Kamil. (Humas Pemprov Jabar/Golali.id)

Foto : Humas Pemprov Jabar

TAGS: