/Pemkot Bandung Kejar ODF 100 Persen

Pemkot Bandung Kejar ODF 100 Persen

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berkomitmen menghadirkan Open Defecation Free (ODF) 100 persen. Hal itu disampaikan Ketua TP PKK Kota Bandung Yunimar Mulyana dalam Raker Bandung Sehat dan Forum Kecamatan Sehat Kota Bandung di Hotel Clove Garden, Selasa 24 Januari 2022.

Saat ini, Forum Bandung Sehat (FBS) dan Forum Kecamatan Sehat (FKS) sedang bersiap menyambut verifikasi berkas dan penilaian dari tim Pemerintah Provinsi Jabar terkait akselerasi ODF 100 persen.

“Kita mengumpulkan FBS dan FKS untuk sama-sama melihat kesiapan di lapangan. Perlu diketahui juga, dalam dua bulan terakhir kami terus berlari untuk mewujudkan ODF 100 persen,” kata Yunimar.

Ia juga mengapresiasi kinerja FBS dan FKS dalam upaya akselerasi ini. Menurutnya, FBS dan FKS sudah memberikan kinerja terbaik menghasilkan ODF 100 persen di Kota Bandung dengan berbagai tantangan mulai dari medan lokasi hingga tata letak wilayahnya.

“Kita mendeklarasikan ini berdasarkan data. Hadirkan data sesuai yang ada di lapangan. Tidak hanya selembar kertas tapi sesuai dengan yang ada di lapangan,” pesannya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Anhar Hadian mengatakan penilaian ODF di Kota Bandung adalah momen krusial.

Selain itu, perwujudan ODF 100 persen untuk Kota Bandung pun menurutnya punya tantangan yang tidak mudah.

“Ini tantangan luar biasa. Namun dengan berbagai upaya dan cerita masing-masing di lapangan, nanti bapak-ibu (tim FBS dan FKS) bisa menyampaikan kepada tim penilai bahwa ini bukan pekerjaan instan,” ucapnya.

Sedangkan, Sub Koordinator Administrasi Kewilayahan Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Bandung, Suharyanto yang mewakili Kepala Bagian Tata Pemkot Bandung menyampaikan seluruh unsur kewilayahan, FBS dan FKS sama-sama konsen menghadirkan ODF 100 persen.

“Kami optimis cita-cita ini tidak sebatas angan-angan, tetapi bisa diwujudkan di tahun 2023,” ucapnya.

Perlu diketahui, tantangan Pemkot Bandung dalam mewujudkan ODF 100 persen antara lain akselerasi di 58 kelurahan Kota Bandung.

Di sisi lain, percepatan ODF 100 persen juga sejalan dengan upaya penurunan angka stunting di Kota Bandung. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung