/Pemerintah Desa Sayati Lakukan Pembersihan Sungai Cikahiangan, Antisipasi Luapan Air Hujan

Pemerintah Desa Sayati Lakukan Pembersihan Sungai Cikahiangan, Antisipasi Luapan Air Hujan

Pemerintah Desa (Pemdes) Sayati bersama kader lingkungan melakukan pembersihan Sungai Cikahiangan pada Rabu, 15 September 2021.

Menurut Kepala Desa Sayati, Nandar Kusnandar ada 3 sungai yang melewati Desa Sayati di Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Yaitu Sungai Cikahiangan, Sungai Cikungkurak, dan Sungai Cimariuk.

“Kebetulan yang sekarang banyak sampah yaitu Sungai Cikahiangan,” kata Kepala Desa Sayati, Nandar Kusnandar kepada Golali, Rabu 15 September 2021.

Lebih lanjut, Nandar Kusnandar menjelaskan, pembersihan sampah ini guna menghindari terjadinya luapan air hujan pada saat musim hujan, yangdiakibatkan tersumbatnya aliran sungai oleh sampah.

Seperti diketahui saat ini kawasan Bandung Raya telah memasuki musim penghujan.

“Daerah tersebut menjadi titik rawan penyumbatan sampah, dikhawatirkan terjadi sumbatan dan akan mengakibatkan meluapnya air hujan,” sambung Nandar Kusnandar.

Selain pembersihan Sungai Cikahiangan, pihaknya meminta kepada seluruh warga untuk tidak membuang sampah ke sungai maupun sembarangan.

Hal itu, guna menghindari terjadinya penumpukan sampah di sungai dan lingkungan yang dapat mencemari lingkungan.

“Saya mengimbau kepada seluruh warga Desa Sayati untuk membantu pemerintah juga rekan-rekan, teman-teman kader lingkungan untuk selalu tertib dan disiplin membuang sampah ke tempatnya,” tegas Nandar Kusnandar. (*/Golali.id)

Dok : Kepala Desa Sayati Nandar Kusnandar

Baca juga :  Inilah 8 Jenis Angklung