/Patut Ditiru, DLH Kota Tangerang Gunakan Sampah Biji-bijian untuk Penghijauan

Patut Ditiru, DLH Kota Tangerang Gunakan Sampah Biji-bijian untuk Penghijauan

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, memanfaatkan sampah biji-bijian sebagai bibit untuk menanami kebun edukasi yang bernama Wisata Edukasi di kantor DLH Kota Tangerang Jalan Iskandar Muda No 45, Kelurahan Mekarsari Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang Provinsi Banten.

“Tanaman ini berasal dari sampah biji – biji buah yang berasal dari pasar, tukang jus atau tukang buah potong. Dari hasil itu kita kumpulkan dan disemai. Alhamdulillah sekarang sudah menjadi pohon yang siap disebar ke kampung proklim dan sekolah adiwiyata,” kata Kepala DLH Kota Tangerang, Tihar Sopian, seperti dikutip Golali.id dari website tangerangkota.go.id, Minggu 31 Juli 2022.

Lebih lanjut, Tihar menerangkan jenis biji-bijian tersebut antara lain kacang tanah, alpukat, mangga, duren, cabai, dan jenis tanaman lain yang termasuk tanaman produktif.

Tihar menyebutkan cara ini dapat mengurangi timbulan sampah, yang ada di lingkungan dan sekaligus bersedekah oksigen.

“Harapannya semua dapat berkontribusi dalam menata lingkungannya masing – masing dengan memanfaatkan sampah dan bisa menanam tanaman produktif yang hasilnya dapat dikonsumsi pribadi atau jadi nilai ekonomi dengan dijual di sekitar lingkungan,” ungkap Tihar.

Untuk diketahui, lokasi Wisata Edukasi yang berada di Kantor DLH Kota Tangerang ini pun terbuka untuk masyarakat umum yang ingin belajar bercocok tanam ataupun berkebun.

“Wisata Edukasi hadir sebagai wadah bagi masyarakat terkait pembelajaran mengenai iklim ataupun yang ingin belajar bercocok tanam menggunakan sampah buah – buahan ataupun sayuran. Karena tanpa disadari hal itu banyak sekali manfaatnya,” tutur Tihar. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : tangerangkota.go.id

Baca juga :  Sayur Kacang Merah Khas Sunda yang Memikat Lidah