/Observatorium Bosscha Bakal Jadi Cagar Budaya Tingkat Provinsi

Observatorium Bosscha Bakal Jadi Cagar Budaya Tingkat Provinsi

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyatakan komitmen Pemdaprov Jabar menjaga Observatorium Bosscha yang kini berusia 100 tahun.

Menurut Ridwan Kamil, sebagai institusi pendidikan observatorium di Lembang, Kabupaten Bandung Barat telah banyak memberikan kontribusi pengetahuan keastronomian, tidak hanya di Indonesia dan Asia tapi juga di dunia.

Bosscha istimewa karena berada di daerah ekuator, yang bisa melihat  belahan langit utara (northern hemisphere) maupun belahan langit selatan (southern hemisphere).

Maka, observatorium ini harus dilindungi dari segala macam gangguan termasuk polusi cahaya yang dapat mengurangi akurasi alat pengamatan.

Oleh Pemda Kabupaten Bandung Barat, Observatorium Bosscha telah ditetapkan menjadi bangunan cagar budaya. Pemdaprov Jabar, menurut Gubernur, akan menguatkan dan memperluas menjadi kawasan cagar budaya agar lebih terlindungi.

“Sedang persiapan menjadi (kawasan) cagar budaya supaya nanti kawasan ini bisa dilestarikan,” ujar Ridwan Kamil pada acara Peringatan 100 Tahun Observatorium Bosscha di Observatorium Bosscha, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Senin 30 Senin 2023.

Tak lupa Gubernur memberikan ucapan selamat kepada insan astronomi Indonesia atas satu abad Bosscha.

“Mewakili masyarakat Indonesia yang diwakili oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kami berbahagia bisa menghadiri sebuah peristiwa bersejarah 100 tahun Observatorium Bosscha,” kata Ridwan Kamil. (Humas Pemprov Jabar/Golali.id)

Foto : Humas Pemprov Jabar