/Nuansa Keraton di Alun-alun Sangkala Buana Cirebon

Nuansa Keraton di Alun-alun Sangkala Buana Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon kini punya Alun-alun dengan wajah baru yang nuansanya kental bak bangunan keraton. Alun-alun yang diberi nama Sangkala Buana ini baru saja selesai direvitalisasi dan diresmikan langsung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Jumat  4 Februari 2022.

Alun-alun Sangkala Buana sangat kental dengan bangunan keraton dan hanya sedikit saja sentuhan modern.

Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan, alun-alun yang tepat berada di depan Keraton Kasepuhan tersebut memang dirancang agar terasa nilai sejarahnya ketimbang modernitas.

“Memang di sini harus terasa nilai sejarahnya, jangan terlalu modern. Saya juga sangat cinta sejarah khususnya keraton-keraton,” jelas Kang Emil dalam rilis HUMAS PEMPROV JABAR.

Bila berkunjung ke Alun-alun Sangkala Buana, kita akan merasa seperti ada di dalam sebuah kerajaan. Di semua pintu masuknya terdapat gerbang bata merah khas keraton, yakni candi bentar yang memanjakan mata.

Di area dalamnya juga terdapat ruang pertunjukan terbuka yang bisa dimanfaatkan untuk menggelar kesenian daerah. Tak ketinggalan area gelar produk UMKM yang berada di sisi timur.

“Silakan lakukan tari topeng tiap minggu atau kesenian khas lainnya,” ucap Kang Emil.

Kang Emil meminta masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan karena kasus Covid-19 kini sedang melonjak.

“Silakan beraktivitas tapi jangan lupa prokesnya,” pesannya.

Kang Emil mengungkapkan, selain untuk masyarakat, Alun-alun Sangkala Buana juga dipersembahkan untuk almarhum Sultan Sepuh ke-14 Keraton Kasepuhan Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat.

“Saya mempersembahkan juga sebuah janji dengan almarhum Sultan Sepuh ke-14 Arief Natadiningrat,” ucapnya.

Dongkrak wisatawan

Sultan Sepuh ke-15 Keraton Kasepuhan Cirebon PRA Luqman Zulkaedin mengaku takjub dengan perubahan alun-alun yang sangat signifikan.

“Luar biasa alun-alunnya keren, indah, kental sejarah dan terlihat tertib serta nyaman,” ujar Luqman.

Baca juga :  Ini Link Pendaftaran Virtual Run to Give 2021 dari Marriott International

Menurutnya, hal itu adalah bukti kepedulian Gubernur Jabar terhadap pelestarian sejarah keraton khususnya di Cirebon.

“Semoga bisa jadi contoh kepala daerah lainnya yang memiliki keraton di wilayahnya,” harapnya.

Wajah baru Alun-alun Sangkala Buana juga diharapkan bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan mendongkrak kunjungan peziarah maupun wisatawan.

“Semoga bermanfaat bagi perekonomian warga dengan meningkatnya kunjungan wisatawan dan peziarah,” tutur Luqman. (*/Golali.id)

foto : Humas Pemprov Jabar