/Nama 10 Budayawan Peraih Anugerah Budaya Kota Bandung 2022

Nama 10 Budayawan Peraih Anugerah Budaya Kota Bandung 2022

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, memberikan Anugerah Budaya kepada 10 orang yang dinilai telah mengharumkan nama Kota Bandung melalui karya dan prestasinya.

Tema tahun ini yaitu “mere dangiang, mawa bandung kajauhna”. Harapannya, kegiatan ini dapat lebih meningkatkan kecintaan dan semangat untuk melestarikan budaya sendiri.

Tahapan kegiatan diawali dengan seleksi para calon penerima anugerah budaya kota bandung tahun 2022, dipilih 10 (sepuluh) orang.

Adapun dewan juri atau tim penilai berjumlah 5 (lima) orang yang terdiri dari berbagai unsur dan yang berkompeten pada bidangnya masing masing diantaranya unsur akademisi, budayawan dan seniman.

Berikut Juri Anugerah Budaya Kota Bandung Tahun 2022 :

1. Prof. Dr Arthur Nalan, S Sen., M. Hum

2. Dr. Etti RS, M. Hum

3. Dr. Suhendi Afryanto, S. Kar., M.M

4. Dr. Tisna Sanjaya

5. Herry Dimyati

Para penerima Anugerah Budaya Kota Bandung Tahun 2022 yaitu:

1. Aan Merdeka Permana, bidang sastra

2. Dadan Sutisna, bidang dokumentator budaya Sunda

3. Ensemble Kyai Fatahillah, bidang seni musik

4. Gending Raspuzi, bidang refitalisasi penca

5. Ibnu Pratomo, bidang teknologi tradisional

6. Isa Perkasa, bidang seni rupa

7. Rahmat Kurnia, bidang pelestari lingkungan

8. Ridwan Hutagalung, bidang pawentar heritage

9. Tjetje Raksa Muhamad, bidang teater

10. Undang Ahmad Darsa, bidang filolog

Penganugerahan itu diberikan langsung oleh Wali Kota Bandung, Yana Mulyana pada acara Anugerah Budaya Kota Bandung Tahun 2022, di Savoy Homman Hotel, Rabu 16 November 2022.

“Pemerintah Kota Bandung menyampaikan apresiasi yang luar biasa kegiatan ini. Kita konsistensi memberikan apresiasi kepada para budayawan yang selama ini melestarikan karya dan memperkenalkan budaya Sunda. Tidak saja di regional, nasional, bahkan internasional,” kata Yana.

Menurutnya, meskipun di masa pandemi Covid-19, budayawan tetap berinovasi dan berkreasi memberikan karya yang baik.

“Meskipun pandemi Covid-19 memberikan dampak sosial ekonomi budaya dan lain- lain, tapi para budayawan tidak pernah berhenti untuk terus berinovasi dan berkreasi melahirkan karya yang luar biasa,” katanya.

Yana menilai, tanpa budaya tidak akan ada peradaban, maka harus dilestarikan mulai dari hal yang terkecil.

“Budaya ini harus kita jaga bersama dan harus kita lestarikan bersama,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Arief Syaifuddin menyampaikan, Anugerah Budayawan Kota Bandung merupakan agenda tahunan, yang dilaksanakan Disbudpar sebagai wujud apresiasi kepada para seniman dan budayawan, yang telah mengharumkan nama kota bandung melalui karya dan prestasinya.

“Anugerah Budaya ini telah berlangsung sejak tahun 2006 hingga sekarang. Sebanyak 183 orang seniman budayawan sudah mendapatkan penghargaan anugerah budaya dari Pemkot Bandung,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan mengucapkan apresiasi kepada para budayawan yang telah mengharumkan nama Kota Bandung..

“Kami apresiasi acara ini. Walau di masa pandemi penganugerahan budaya ini istiqomah tetap berjalan. Saya harap ini harus terus dipertahankan tentunya dengan tema yang lebih visioner,” ujarnya.

“Budaya harus membawa kita ke arah yang lebih baik untuk lebih menyejahterakan masyarakat. Membawa visi Bandung yang lebih unggul sesuai visi misi Kota Bandung yang unggul, nyaman, sejahtera, dan agamis,” imbuh Tedy. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

foto : Humas Pemkot Bandung