Mybamus Tembus Pasar Global Lewat Ekspor Shopee

Mybamus adalah brand modest fashion asal Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang kini telah menembus pasar fashion muslim internasional setelah bergabung dengan Program Ekspor Shopee.

Mulanya Mybamus adalah brand busana muslim dari bisnis rumahan yang didirikan Selviana Yuswanto pada tahun 2011 silam. Awalnya, produk Mybamus dipasarkan melalui grup broadcast message di sebuah aplikasi pesan.

Untuk memperluas pasar, Mybamus pun bergabung dengan Shopee pada tahun 2016. Setahun kemudian Mybamus bergabung dengan Shopee Mall untuk memberikan pengalaman belanja yang lebih nyaman dan aman. Hingga pada tahun 2018, brand lokal asal Jawa Barat ini pun mampu membawa lini produk unggulannya menembus pasar internasional dengan bergabung Program Ekspor Shopee. Di tahun yang sama, Mybamus meraih penghargaan Shopee First Export Award.

Baca juga : 2 Lokasi Sentra Kain di Kota Bandung

Untuk terus meningkatkan penjualan, sejak 2019 Mybamus juga memanfaatkan Shopee Live sejak 2019. Fitur interaktif ini memungkinkan Mybamus untuk mempererat hubungan dengan pelanggan setia serta menjangkau segmen pasar baru dengan lebih efektif. Jumlah penonton Mybamus di Shopee Live mengalami lonjakan signifikan.

Peningkatan ini tidak lepas dari konsistensi mereka dalam menggelar sesi live streaming, terutama pada momen-momen kampanye belanja besar seperti Ramadan, Harbolnas, dan akhir tahun, di mana penonton dan penjualan meningkat signifikan. Kolaborasi dengan Key Opinion Leaders (KOL) pun turut menjadi strategi penting bagi Mybamus. Pada 2023, mereka bekerja sama dengan aktris Alyssa Soebandono untuk meluncurkan koleksi eksklusif yang mendapat respons positif dari konsumen.

Baca juga : Inilah Kain Asli Garut

“Di tengah pesatnya pertumbuhan pasar modest fashion, teknologi digital memainkan peran penting sebagai katalis perubahan dalam kebiasaan belanja masyarakat. Hal ini membuka peluang besar bagi pelaku usaha untuk menjangkau konsumen lebih luas. Layaknya, Shopee yang telah menjadi mitra penting dalam perjalanan kami, baik dalam hal inovasi pemasaran maupun ekspansi ke pasar baru. Berbagai program dan fitur yang dihadirkan Shopee telah mendukung pertumbuhan kami agar terus relevan dengan kebutuhan konsumen. Serta, membantu kami membangun loyalitas dengan pelanggan yang mendorong peningkatan penjualan. Sebagai contoh, sepanjang kampanye Shopee 11.11 Big Sale tahun ini, Mybamus mencatatkan peningkatan transaksi penjualan hingga 5 Kali Lipat dibandingkan hari biasa,” ungkap Pemilik Mybamus, Selviana Yuswanto dalam siaran pers yang diterima Golali.id, Kamis 28 November 2024.

Baca juga : Kawasan Majalaya yang Dulu Dijuluki Kota Dollar Lewat Produk Sarung

Menurut Selviana Yuswanto, melalui Shopee Live memungkinkan Mybamus menjangkau lebih banyak konsumen sekaligus membangun hubungan yang lebih dekat. Ini menunjukkan integrasi antara pemasaran interaktif yang dihadirkan platform e-commerce seperti Shopee Live dapat menciptakan dampak besar dalam memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan.

“Sebagai brand lokal, kami berharap akan semakin banyak inovasi fitur yang dapat mempermudah pelaku UMKM untuk bersaing, baik di pasar lokal maupun internasional,” sambung Selviana Yuswanto.

Adapun beberapa koleksi favorit pelanggan Mybamus antara lainMybamus Zigzag Kemeja, Mybamus Kinan Tops, Mybamus Kairi Kemeja, hingga Mybamus Sheri. Setiap produk Mybamus dirancang dengan bahan berkualitas tinggi, memastikan kenyamanan tanpa mengorbankan estetika, serta harga terjangkau, mulai dari Rp70 ribu hingga Rp100 ribu. Seluruh proses produksi yang dilakukan Mybamus mendukung pertumbuhan industri tekstil nasional. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : Shopee