/Muhammad Azka Sukses Berbisnis Lewat Kurikulum Bisnis Digital di Shopee

Muhammad Azka Sukses Berbisnis Lewat Kurikulum Bisnis Digital di Shopee

Salah satu siswa dari SMKN 9 Kota Bandung, Muhammad Azka Farhan, telah sukses membangun bisnis usai mengikuti Program Kurikulum Bisnis Digital di Shopee Training Center.

Azka sapaan akrab dari Muhammad Azka Farhan ini adalah siswa jurusan Tata Boga di SMKN 9 Kota Bandung, memulai peruntungan melalui bisnis produk minuman kesehatan sari lemon, yang merupakan implementasi dari pelatihan Kurikulum Bisnis Digital di Shopee Training Center.

Melalui bisnis OneDLemon, Azka berhasil mempekerjakan 8 karyawan untuk membantu proses produksi minuman sari lemon.

Melalui label OneDLemon, Azka memasarkan produk sari lemonnya ke orang-orang yang membutuhkan asupan vitamin C untuk menjaga imun tubuh saat pandemic Covid-19. Kendati, penjualannya melonjak di awal pandemi, sejumlah tantangan masih harus dilaluinya untuk bisa mempertahankan bisnisnya.

“Tantangan dari jualan itu banyak banget mulai dari teka-teki penjualan itu sendiri lalu psikis cara membuat promosi dan lain sebagainya bagaimana cara menjaga loyalty pembeli agar order ulang, lalu cara menghandle komplain, dan lain lain,” sambung Azka.

Kurikulum Bisnis Digital Shopee yang diikutinya di tahun 2022, membantunya mendalami bisnis online yang selama ini digeluti. Total lebih dari 6.000 pesanan produk minuman sari lemon berhasil terjual di sepanjang tahun 2022 lalu melalui Shopee.

“Yang dipelajari di program dari Shopee ini banyak banget, mulai dari kesiapan mental jualan, menentukan produk yang baik dan berpotensi untuk memulai berjualan, lalu diajarkan cara berjualan dan memasarkan produk, cara menjalani promosi, menghandle pembeli, dan mengirimkan pesanan sampai ke tangan pembeli. Lalu diajarkan juga menggunakan fitur fitur promosi seperti membuat voucher, harga diskon paket hemat dan lain lain. Kurikulum Shopee ini selain mengajarkan ilmu bisnis mengajarkan juga ilmu adab berjualan dan saya mendapatkan banyak pengetahuan selain orderan yang semakin melimpah,” jelas Azka.

Dengan berkembangnya bisnis Azka, ia juga mampu membuka lapangan pekerjaan bagi 8 orang dari daerah sekitarnya.

Ninon Nur, pengajar teknik informatika di SMK Negeri 9 Bandung berharap, kurikulum ini bisa diaplikasikan oleh para murid yang ingin mencoba berbisnis, maupun yang siswa yang siap bekerja.

“Harapan saya, Kurikulum Bisnis Digital Shopee ini dapat mencetak siswa dan siswi SMK yang siap bekerja dengan keahlian digital maupun mengembangkan pengusaha-pengusaha muda sukses,” ucap Ninon. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : Shopee  

TAGS: