/MRAJ Diresmikan, Nasib Masjid Raya Bandung Provinsi Jabar ?

MRAJ Diresmikan, Nasib Masjid Raya Bandung Provinsi Jabar ?

Setelah Masjid Raya Al Jabbar (MRAJ) nanti diresmikan sebagai masjid Provinsi Jabar, Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan mengembalikan level Masjid Raya Bandung Provinsi Jabar kembali menjadi Masjid Agung Bandung.

Sesuai dengan urutan level masjid, untuk nasional pemerintah pusat memiliki Masjid Istiqlal. Untuk level provinsi disebut dengan masjid raya, kabupaten/kota masjid agung, kecamatan masjid besar dan di level desa/kelurahan disebut masjid jami.

“Jadi nanti Masjid Agung Bandung akan saya kembalikan sesuai maqom nya karena provinsi sudah punya Masjid Raya Al Jabbar,” kata Ridwan Kamil, Senin 26 Desember 2022 dikutip dari siaran pers Humas Pemprov Jabar.

Ide pembangunan Masjid Raya Al Jabbar ( berawal pada 2016 lalu, saat Ridwan Kamil masih menjabat Wali Kota Bandung. Kang Emil saat itu memberikan usulan kepada Gubernur kala itu Ahmad Heryawan agar Jawa Barat memiliki masjid raya sendiri.

“Ide awalnya tahun 2016 saat saya jadi Wali Kota Bandung menghadap ke Pak Aher, saya bilang kalau bisa Jabar punya masjid raya sendiri, selama ini kan nebeng ke Masjid Agung Bandung makanya namanya diubah menjadi Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat,” ungkap Kang Emil.

Usulan itupun disambut positif Ahmad Heryawan yang kelak masjid tersebut didesain langsung oleh Ridwam Kamil yang punya latar belakang arsitek. Lokasinya masjid di Gedebage pun diusulkan sendiri oleh Kang Emil.

“Itu kalimat saya ke Pak Aher pada 2016 lalu, saya bilang provinsi bikin saja sendiri nanti saya hibahkan desainnya dan lokasinya saya usulkan di Gedebage,” ujarnya.

Seperti diketahui, Pemprov Jabar bakal meresmikan Masjid Raya Al Jabbar di Gede Bage Kota Bandung pada Jumat 30 Desember 2022. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : Humas Pemkot Bandung