/Mind Screw Rilis Lagu Cosmic Joke

Mind Screw Rilis Lagu Cosmic Joke

Grup musik asal Jakarta, Mind Screw merilis single psychedelic disco dengan beat deep house berjudul “Cosmic Joke (Diskontol/Discock)” pada 14 April 2023. Melalui distribusi Demajors, single tersebut dapat didengarkan di seluruh platform streaming digital.

Mind Screw terdiri dari Yannis Papadimitriou (bass, vokal, lirik) dan Lalu Eldam Khamel (gitar, programming). Untuk lagu ini Mind Screw berkolaborasi dengan seorang sahabat, Elsha Graciela, untuk menjadi vokalis single.

Mind Screw adalah band psychedelic dalam arti termurni kata tersebut. Yannis memiliki darah Yunani yang kental, dan kata psychedelic berasal dari dua kata Yunani kuno, yaitu psyché (pikiran) dan delos (tanpa batas). 

“Kami bukan psychedelic rock, psychedelic pop atau klasifikasi apapun yang rakyat jelata sering mengasosiasikan dengan kata ‘psychedelic’. Kami hanya psychedelic murni dalam arti definisi orisinal kata tersebut yang berasal dari Yunani. Kami tidak terperangkap klasifikasi apapun. Kami memainkan dan menggabungkan berbagai genre yang berbeda tanpa batas,” jelas Yannis dalam siaran pers yang diterima Golali.id.

Album penuh dari lagu ini berjudul Braindance yang mengandung “Cosmic Joke”. Braindance adalah album dengan 11 lagu yang hanya bisa diklasifikasikan sebagai psychedelic, karena definisi asli kata tersebut berasal dari perpaduan kata psychè (pikiran) dan delós (tanpa batas).

Batasan-batasan genre tidak mengurung album Braindance; walau single utama bernuansa disko, Braindance lengkap dengan berbagai lagu blues rock a la Led Zeppelin dan Black Sabbath, komposisi swing yang juga menginkorporasikan melodi-melodi classical, progressive blues rock dan bahkan progressive reggae. 

Meski diversitas Braindance mungkin dapat membuat para pendengar merasa shock pada awal, setiap lagu Braindance tetap memiliki karakteristik sound yang distingtif terhadap Mind Screw. Ini karena setiap track dipersatukan oleh sensibilitas melodis dan teknik-teknik penulisan serta komposisional yang identik dengan Mind Screw dan hanya Mind Screw.

“Lagu ‘Cosmic Joke’ berawal dari lelucon belaka tetapi berkembang menjadi karya yang indah,” aku Yannis.

“Setelah menggarap aransemen dengan Eldam, ‘Cosmic Joke’ berubah menjadi salah satu lagu paling unik, catchy dan serius yang pernah dikarang Mind Screw,” sambung Yannis.

Lirik “Cosmic Joke” memiliki tema spiritual. “Berbagai perumpamaan dan metafora yang bersangkut dengan angkasa digunakan untuk mengkritik arogansi umat manusia. Pesan utama di balik lirik ‘Cosmic Joke’ adalah mengingatkan para pendengar bahwa ego besar dan arogansi yang terkadang ditunjukkan orang-orang tidaklah benar atau layak, karena semua manusia hanya seperti debu jika dibandingkan dengan seluruh semesta,” ucap Yannis.

(Yatni Setianingsih/Golali.id)