/Mi Goreng Adalah

Mi Goreng Adalah

Mi goreng atau mie goreng adalah salah satu sajian kuliner, yang dikenal dalam ranah masakan Nusantara.

Kendati namanya mi goreng, namun dalam proses pemasakannya tidak digoreng seperti gehu, bala-bala, tempe goreng, dan tahu goreng yang menggunakan minyak panas dan banyak. Tetapi mi goreng dimasak dengan cara ditumis, terkadang untuk sajian mi goreng instan hanya diaduk dengan berbagai bumbu dan minyak bawang.

Mi goreng terdiri dari bahan utama mi yang dimasukkan ke dalam tumisan bumbu, ditambah dengan berbagai campuran bahan seperti sayuran, telur, dan suwiran daging ayam. Mi goreng biasanya ditambah dengan kecap, sehingga berwarna agak kecokelatan.

Sayuran yang biasanya dicampurkan dalam mi goreng yaitu kol, sawi hijau (sosin), pakcoy, sawi putih, dan tauge. Seringkali sajian mi goreng ditambah dengan acar, taburan bawang goreng, dan kerupuk.

Mi goreng memiliki cita rasa yang asin, manis, dan gurih. Mi goreng menjadi santapan teman makan nasi, adapula yang dimakan secara tunggal sebagai sajian mi goreng.

Di Bandung, sangat mudah menemukan berbagai sajian mi goreng mulai dari warung pinggir jalan sampai dengan cafe, rumah makan, dan restoran hotel. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

TAGS: