/Memahami Naskah Sunda Kuno untuk Pedoman Hidup di Masa Kini
Webinar Naskah Sunda Kuno Unpad

Memahami Naskah Sunda Kuno untuk Pedoman Hidup di Masa Kini

Untuk mengetahui kehidupan masyarakat Sunda di masa lampau, dapat ditelusuri melalui naskah Sunda Kuno.

Hal itu diungkapkan Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjajaran (Unpad), Undang Ahmad Darsa. Dalam acara Keurseus Budaya Sunda yang berlangsung secara online pada Rabu, 22 September 2021.

“Kandungan teks-teks naskah-naskah Sunda Kuno banyak memberi gambaran bahwa kehidupan orang Sunda pada masa lampau sangat mengutamakan hal-hal yang berhubungan dengan masalah keagamaan. Akhlak, kesejahteraan, ilmu pengetahuan, kesenian, dan sebagainya,” terang Undang Ahmad Darsa.

Kendati begitu, kandungan yang terdapat dalam naskah Sunda Kuno masih sangat relevan dengan kehidupan masyarakat sampai saat ini. Sehingga teks-teks dalam naskah Sunda Kuno seperti nasihat ataupun peribahasa dapat menjadi pedoman dalam kehidpan masa kini.

“Penelaahan mengenai renungan-renungan filsafati yang tertuang dalam teks-teks naskah Sunda Kuno, terutama difokuskan pada masalah etika,” sambung Undang Ahmad Darsa.

Undang Ahmad Darsa, menerangkan untuk melestarikan naskah Sunda Kuno ini perlu dilakukan upaya pembinaan, pengembangan dan pelestarian warisan budaya.

Untuk yang bukan kebendaan (intangible) maupun yang kebendaan (tangible). Sampai saat ini, sambung Undang Ahmad Darsa, masih minim peneliti yang menelaah kandungan teks-teks naskah Sunda Kuno. Adapun yang melakukan penelitian masih terbatas pada bidang filologi.(*/Golali.id)

Dok : Unpad

Baca juga :  Resensi Buku Tikuse Pada Ngidung, Meluruskan Kembali Arti Budaya