/Masjid Istiqlal Terletak di mana ?

Masjid Istiqlal Terletak di mana ?

Masjid istiqlal terletak di mana ?

Alamat atau lokasi Masjid Istiqlal terletak di Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar Kota Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta.

Lokasi Masjid Istiqlal berada di seberang Gereja Katedral Jakarta, Halte Trans Jakarta Juanda, Stasiun Juanda, dan Monumen Nasional (Monas).

Mengutip website istiqlal.or.id, lokasi Masjid Istiqlal dibangun pada lahan bekas benteng Belanda Frederick Hendrik. Pembangunan Masjid Istiqlal dimulai pada tanggal  24 Agustus 1961 saat pemerintahan Presiden Soekarno, diresmikan penggunaannya  pada tanggal 22 Februari 1978 di masa pemerintahan Soeharto. Biaya pembangunan  Masjid Istiqlal yaitu Rp7 miliar, biaya terbesar berasal dari APBN.

Sedangkan usulan pendirian Masjid Istiqlal hadir setelah kemerdekaan pada tahun 1945, atas usulan Menteri Agama pertama KH. Wahid Hasyim dan beberapa Ulama.  Mengusulkan pendirian masjid yang mampu menjadi simbol bagi Indonesia kepad Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta.

Pada tahun 1953, KH. Wahid Hasyim, H. Agus Salim, Anwar Tjokroaminoto, Ir. Sofwan dan dibantu sekitar 200 tokoh Islam pimpinan KH. Taufiqorrahman mengusulkan untuk mendirikan sebuah yayasan. Pada tanggal 7 Desember 1954 didirikanlah yayasan Masjid Istiqlal yang diketuai oleh H. Tjokroaminoto untuk mewujudkan ide pembangunan masjid nasional tersebut.

(Yatni Setianingsih/Golali.id)