/Masjid Gedhe Mataram Dimana ?

Masjid Gedhe Mataram Dimana ?

Alamat atau lokasi Masjid Gedhe Mataram Kotagede terletak di Jalan Masjid Mataram Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul, yang berbatasan dengan Kecamatan Kotagede Kota Yogyakarta di Provinsi Daerah Istimew Yogyakarta.

Masjid Gedhe Mataram Kotagede tidak jauh dari Pasar Kotagede dan Sentra Perak Kotagede.

Cara ke Masjid Gedhe Mataram Kotagede dari kawasan Malioboro, bisa menaiki bus Trans Jogja di halte Malioboro lalu turun di halte Ngabean, selanjutnya berpindah rute Trans Jogja menuju kawasan Kotagede turun di Halte Tegal gendu dan berjalan kaki di sepanjang kawasan kerajinan perak Kotagede.

Masjid ini tidak berada di tepi jalan besar melainkan harus masuk ke permukiman penduduk, jangan bingung karena ada penunjuk jalan menuju masjid tersebut atau bisa bertanya pada warga sekitar.

Masjid Gedhe Mataram Kotagede, menjadi salah satu peninggalan sejarah dari kerajaan yang menjadi cikal bakal Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Mengutip data yang tertera pada papan informasi di dekat salah satu gapura paduraksa, dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Daerah Istimewa Yogyakarta bersumber dari Babad Momana, pembangunan masjid ini atas perintah salah satu raja Kerajaan Mataram Islam, Panembahan Senopati yang pembangunannya selesai pada 1589.

Masjid ini melewati beberapa kali renovasi dan penambahan beberapa bangunan, tetapi tidak mengubah wujud awalnya. Pemugaran awal pada 1796 sampai dengan terakhir pada 2007, karena berbagai penyebab di antaranya penambahan bangunan untuk aktivitas beribadah, kebakaran pada 1919, dan gempa bumi tektonik yang melanda sebagian besar wilayah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada 27 Mei 2006. (Yatni Setianingsih/Golali.id)