/Masih Ada Kelurahan di Kota Bandung Nol KBS

Masih Ada Kelurahan di Kota Bandung Nol KBS

Kepala DLH Kota Bandung, Dudi Prayudi mengakui, masih ada kelurahan yang sama sekali belum memiliki kawasan bebas sampah (KBS). Oleh karenanya, ia meminta komitmen aparat kewilayahan untuk membentuk KBS.

“Ada beberapa kelurahan yang sama sekali belum ada. Maka para lurah dikumpulkan untuk berkomitmen agar bisa menghadirkan 1 RW KBS ada di wilayahnya,” ujar Dudi di Balai Kota Bandung, Senin 21 Agustus 2023.

“Dengan adanya komitmen ini memudahkan pembentukan KBS. Sehingga KBS meningkat, otomatis sampah terolah lebih banyak. Ditambah lagi ada beberapa TPST yang hadir, sehingga akan mereduksi banyak sampah,” ujarnya.

Agar pembentukan KBS lebih masif, kata Dudi, memang memerlukan sosialisasi lebih intens bersama masyarakat.

“Perlu sosialaisi lebih intes dengan masyarakat, kalau bisa door to door. Diperlukan edukasi setiap rumah. Bahkan ada fasilitator di kecamatan untuk pendampingan ini, untuk bisa membantu edukasi. Minimal masyarakat paham soal pemilahan sampah,” bebernya.

Untuk diketahui hingga Juli 2023, KBS di Kota Bandung berjumlah 234 RW.

“Dilihat dari data bulan Juli, KBS di Bandung menjadi 234 RW KBS,” sambungnya.

Meski masih 14 persen dari total keseluruhan RW di kota Bandung, namun Dudi yakin dengan sosialisasi dan komitmen masyarakat akan terbentuk di seluruh RW.

“Masih 14 persen dari total keseluruhan RW di Kota Bandung. Awalnya itu 10 persen, sekarang naik, ada kenaikan yang signifikan,” akunya. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung