/Makna Warna Merah Putih pada Bendera Indonesia

Makna Warna Merah Putih pada Bendera Indonesia

Bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dikenal dengan nama bendera sang merah putih.
Bendera Indonesia yang berwarna merah dan putih, pertama kali dikibarkan pada upacara kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Jumat 17 Agustus 1945.

Mengutip website setneg.go.id, bendera merah putih atau sang saka merah putih pertama kali dijahit oleh Fatmawati, ibu negara Republik Indonesia yaitu istri Presiden Republik Indonesia pertama Soekarno

Adapun makna warna merah putih yaitu :

Warna merah dan putih terinspirasi warna pataka bendera atau panji Kerajaan Majapahit yang ada pada abad ke-13. Dalam pararaton (kitab raja-raja), dijelaskan bahwa bendera merah dan putih dianggap sebagai lambang kebesaran kerajaan seperti bendera perang yang digunakan Sisingamangaraja IX, bendera berwarna merah dengan dua pedang kembar Piso Gaja Dompak (pusaka Sisingamaharaja I-IX) berwarna putih. Bahkan Kerajaan Bone Sulawesi Selatan menjadikan bendera merah putih atau yang biasa disebut Woromporong sebagai simbol kekuasaan dan kebesaran kerajaan.

Warna merah putih pun memiliki maknai keberanian untuk warna merah dan kesucian pada bagian warna putih. Selain itu warna merah dan putih juga berkaitan dengan nilai budaya Indonesia. Dalam tradisi Jawa, merah dan putih dilambangkan sebagai gula merah dan nasi putih karena keduanya merupakan bahan makanan pokok masyarakat Indonesia. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : Humas Pemkot Bandung