/Mahasiswa ITB Mengikuti KKN Kolaborasi 2022 di Lumajang

Mahasiswa ITB Mengikuti KKN Kolaborasi 2022 di Lumajang

18 Mahasiswa Institut Teknologi Bandung atau ITB dari berbagai program studi, mengikuti program KKN Kolaborasi yang diselenggarakan tim Enabling Humanitarian Attributes for Nurturing Community-based Engineering (ENHANCE). Bekerja sama dengan Universitas Brawijaya, KKN Kolaborasi 2022 berfokus untuk mengembangkan komoditas salak dan pariwisata di Desa Pronojiwo serta Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Adapun mahasiswa ITB yang berpartisipasi dalam program ini berasal dari berbagai program studi Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, Perencanaan Wilayah dan Kota, Rekayasa Pertanian, Rekayasa Kehutanan, Teknologi Pascapanen, Teknik Pertambangan, Teknik Fisika, Teknik Lingkungan, Oseanografi, dan Teknik Biomedis.

Kegiatan KKN Kolaborasi ITB ini, terdaftar di akademik sebagai mata kuliah KU-4080 dengan bobot empat SKS. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengembangkan wawasan terkait kemasyarakatan dan penerapan keilmuan dalam rangka pengembangan pembelajaran bidang keteknikan untuk kemanusiaan.

Tim KKN Kolaborasi ITB mengusung masterplan sebagai program utamanya. Terdapat juga program-program nonutama seperti pemasangan plang jalan, pengadaan lomba saat penutupan, dan sosialisasi loseda (lodong sesa dapur). Akan tetapi, program-program sampingan masih dapat berubah sesuai dengan keadaan di lapangan. Selain itu, terdapat juga program educating and inspiring yang dilakukan kepada siswa-siswi kelas 1–3 SD dengan harapan dapat memberi motivasi untuk terus belajar dan menjadi garda terdepan dalam memajukan Kecamatan Pronojiwo.

Pendanaan kegiatan Tim KKN Kolaborasi ITB didukung oleh tim ENHANCE dengan prinsip mengintegrasikan keahlian yang sangat beragam, tetapi saling melengkapi.

 “Tujuan dari proyek ini adalah untuk mempersiapkan generasi ilmuwan selanjutnya,” tutur Koordinator projek ENHANCE, Prof. Georgia Kremmyda dalam rilis Humas ITB yang diterima Golali.id, Kamis 4 Agustus 2022.

Sekedar informasi ENHANCE merupakan gabungan universitas di antaranya Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, University of Warwick, University of West Attica, Bangladesh University of Engineering and Technology, University of Dhaka, Ho Chi Minh City University of Transport, Ho Chi Minh City University of Technology, beserta komisi Erasmus. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Baca juga :  Indosat Ooredoo Hutchison, Brand dengan Pertumbuhan Terpesat Kedua dan Top 10 Most Valuable Brands di Indonesia

foto : Humas ITB