/Lokasi Museum Zoologi ITB Dimana ?

Lokasi Museum Zoologi ITB Dimana ?

Alamat atau lokasi Museum Zoologi ITB terletak di Kampus ITB Jatinangor, Jalam Let. Jen. Purn. Dr. (HC) Mashudi No. 1 Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang Kode Pos 45363, Provinsi Jawa Barat.

Mengutip website ITB, Museum Zoologi ITB dikenal dengan nama Museum Zoologi Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) ITB.

Museum Zoologi SITH ITB memiliki koleksi berupa awetan kering dalam bentuk offset, balgh (lembaran kulit), dan artikulasi rangka hewan serta awetan basah dengan rentang waktu koleksi antara tahun 1909-2018.

Koleksi berasal dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Sebagian besar koleksi merupakan koleksi pribadi, koleksi kebun binatang, spesimen dari rumah sakit bersalin, serta hadiah dari peneliti Amerika Serikat dan Eropa.

Sejarah Museum Zoologi ITB

Museum Zoologi ITB didirikan tahun 1950-an oleh para peneliti, yang berasal dari Eropa dan Amerika Serikat, yaitu Prof. Poul Heegaard dan Prof. Walter Roepke yang melakukan berbagai ekspedisi ke berbagai wilayah di Indonesia pada tahun 1940 sampai dengan 1950-an.

Koleksi yang didapatkan dari ekspedisi tersebut kemudian sebagian disimpan di Departemen Biologi ITB (sekarang menjadi SITH ITB) sebagai salah satu cara untuk menunjang penelitian dan pendidikan biologi, khususnya dalam bidang zoologi.

Koleksi dan pengelolaan museum sejak tahun 1960-an hingga 2000-an kemudian dilanjutkan mahasiswa dan dosen yang memiliki minat dalam bidang zoologi dan taksonomi seperti M. van Balgooy, Dr. H.S. Hardjasasmita, Prof. Soelaksono, serta Prof. Djoko T. Iskandar dan kawan-kawan.

Sebelum menempati Kampus ITB Jatinangor, Museum Zoologi SITH ITB beberapa kali pemindahan lokasi. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : ITB