/Lokasi MTQ ke-29 Tingkat Nasional

Lokasi MTQ ke-29 Tingkat Nasional

MTQ ke-29 tingkat nasional akan diselenggarakan tahun ini di Kalimantan Selatan. Jabar menargetkan menjadi juara umum. Maka, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, meminta peserta MTQ mau belajar dan menghapal sesuai dengan bidangnya masing-masing.

“Saya mendorong pada para qori dan qoriah untuk mulai belajar mulai sekarang. Tingkatkan inovasi dan pelatihan supaya menjadi juara mengalahkan provinsi lain,” ungkapnya, Jumat 17 Juni 2022.

Pak Uu berharap Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) akan menjadi sarana bagi generasi muda dan santri, belajar ilmu agama terutama menjadi qiroah. Qiroah adalah teknik membaca Alquran dengan suara dan nada – nada merdu.

“Kini pesantren yang melaksanakan pendidikan qiroah semakin lama semakin sedikit justru sebaliknya tahfidz semakin banyak,” katanya.

Pak Uu sepakat pemerintah perlu mendorong lahirnya pesantren-pesantren qiroah. Tidak lain untuk mewujudkan cikal bakal qiroah sejak dini di Jawa Barat yang berkualitas dan berdaya saing.

“Kami berinisiatif dengan Pak Gubernur LPTQ yang ada di Bandung Raya akan dimanfaatkan kembali untuk menjadi pesantren qiroah. Tapi pesantren bukan hanya Alquran yang dipelajari, kitab-kitab lain pun agar ada keterpaduan. Jangan sampai bisa baca Alquran tapi salatnya enggak benar,” kata Pak Uu.

Nantinya para santri atau generasi muda akan belajar dan dibiayai oleh Pemda Provinsi Jawa Barat. Sebelumya akan ada seleksi di kabupaten/kota dan yang terpilih akan mulai dipesantrenkan, perwakilannya dua laki-laki dan dua perempuan.

“Insyaallah pemerintah akan mengelontorkan dana untuk suksesnya qiroah, hafidz dan hafidzoh di Jawa Barat dengan dimanfaatkannya kampus LPTQ,” tutur Pak Uu. (Humas Pemprov Jabar/Golali.id)

Foto : pixabay.com

Baca juga :  1.424 Guru PPPK di Kota Bandung Dilantik, Bertugas di Mata Pelajaran Ini