/Lokasi Monumen Penjara Banceuy Dimana ?

Lokasi Monumen Penjara Banceuy Dimana ?

Lokasi atau alamat Monumen Penjara Banceuy terletak di Kompleks Banceuy Permai Jalan Banceuy, Kelurahan Braga Kecamatan Sumur Bandung Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Monumen Penjara Banceuy atau Situs Sel Penjara Banceuy, berada di antara centra pertokoan perlatan listrik di kawasan Kota Bandung.

Lokasi Monumen Penjara Banceuy tidak jauh dari Alun-alun Bandung dan Pasar Baru Bandung.

Mengutip siaran pers Humas Pemkot Bandung, Situs Sel Penjara Banceuy Penjara identik dengan perjalanan Soekarno dalam memproklamirkan kemerdekaan. Aktivitas Soekarno di PNI menyebabkannya ditangkap Belanda pada bulan Desember 1929 dan dipenjara di sini.

Berbagai sumber menyebut di penjara itu, Soekarno menempati sel nomor 5 yang hanya berukuran 2,5 x 1,5 meter dan berisi kasur lipat juga toilet non permanen.

Pada ruangan pengap ini pula, Ia menyusun pidato pembelaan (pledoi), yang dibacakan pada sidang Pengadilan Hindia Belanda di Gedung Landraad (kini Gedung Indonesia Menggugat) di Jalan Perintis Kemerdekaan (dahulu Jalan Gereja). Pledoi dengan judul Indonesie Klaagt Aan (Indonesia Menggugat) pun menjadi terkenal.

Pada perkembangannya, tahun 1983, bangunan Penjara Banceuy dirobohkan untuk dijadikan pertokoan yang sekarang bernama Kompleks Banceuy Permai. Sementara Penjara Banceuy dipindahkan ke Jalan Soekarno-Hatta.

Hanya satu sel bekas Soekarno dan salah satu bagian menara pengawas dari bangunan penjara ini yang dibiarkan tersisa hingga sekarang, yang kini menjadi Monumen Penjara Banceuy. (Yatni Setianingsih/Golali.id)