/Lokasi Masjid Syarif Abdurachman Dimana ?

Lokasi Masjid Syarif Abdurachman Dimana ?

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mendampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam kunjungan kerja meresmikan Masjid Syarif Abdurachman di Kompleks Pemakaman Sunan Gunung Jati, Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, Jumat 25 Agustus 2023.

Dalam sambutannya Ma’ruf Amin mengungkapkan rasa bahagia bisa hadir dan meresmikan Masjid Syarif Abdurachman yang indah dan megah serta mempunyai sejarah di balik namanya.

“Yang dibangun oleh jenderal santri dan menurut saya ini masjid luar biasa,” kata Ma’ruf Amin.

Ia memuji bangunan Masjid Syarif Abdurachman yang dianggap masih mengusung budaya dan tampak santun, tapi juga mengingatkan agar masjid tersebut digunakan sebaik mungkin.

“Mari masjid ini dimakmurkan dan diramaikan. Bukan hanya untuk tempat ibadah, tapi juga sebagai pusat pembinaan, yaitu pembangunan peradaban Islam,” harap Ma’ruf Amin.

Pada zaman dulu, tutur Ma’ruf Amin, membangun masjid dilakukan oleh nabi dan para wali sebagai pusat tempat menyampaikan dan menyebarkan syiar agama Islam.

Masjid Syarif Abdurachman digagas oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman yang merupakan keturunan ke-18 dari Sunan Gunung Jati.

Masjid tersebut terdiri dari dua nama yang digabungkan. Syarif diambil dari nama Syekh Syarif Hidayatullah, sedangkan Abdurachman diambil dari nama Syekh Abdurachman yang lebih dikenal Pangeran Panjunan.

Wagub Uu Ruzhanul mengatakan, terbangunnya masjid yang hebat dan mewah di Kabupaten Cirebon ini sebagai sarana dan prasana dalam meningkatkam keimanan dan ketakwaan masyarakat Jabar.

“Setelah Masjid  Raya Al Jabbar diresmikan dan alhamdulillah, Jawa Barat bagian timur hadir juga masjid yang begitu mewah,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan masjid yang diresmikan hari ini menjadi masjid yang bisa dijadikan tempat belajar agama Islam dan ibadah,” harap Wagub Uu Ruzhanul. (Humas Pemprov Jabar/Golali.id)

Foto : Humas Pemprov Jabar