/Lokasi Kampung Wisata Tahu di Kota Bandung Dimana ?

Lokasi Kampung Wisata Tahu di Kota Bandung Dimana ?

Kota Bandung kini memiliki Kampung Wisata Tahu di RW 5 Kelurahan Babakan, Kecamatan Babakan Ciparay. Pengunjung yang datang dapat menyaksikan langsung proses produksi tahu kuning hingga belajar sejarahnya.

Pengunjung juga dapat bertanya jawab, seputar proses pembuatan tahu takwa dengan karyawan dan pemilik usaha tahu.

Camat Babakan Ciparay, Suparjo mengatakan, para perajin tahu telah diberikan pelatihan mulai dari kebersihan, produksi hingga menerima tamu.

“Sekarang sudah dirintis dan ada pelatihan bagaimana membina karyawan pabrik tahu soal kebersihan dan pengolahan tahu,” ujarnya dalam Podcast Ngariung Potensi Kewilayahan di Kecamatan Babakan Ciparay, Selasa 7 Februari 2023.

“Pengunjung melihat pengolahan dan sejarah tahu. Kita munculkan tahu sebagai tujuan wisata baru, karena lokasinya tidak jauh dari Tol Pasirkoja,” imbuhnya.

Selain pelatihan, lanjut Suparjo, Kampung Wisata Tahu juga menyiapkan penginapan bagi para pengunjung.

“Kita mempersiapkan homestay untuk mereka yang mau tinggal. Kita sudah siapkan detail. Termasuk pelatihan untuk menerima tamu, agar merasa nyaman,” ujarnya.

Selain membuat tahu, juga ada yang membuat olahan dari bahan tahu. Ada tahu goreng, tahu krispi, stik tahu, dan jajanan dari bahan tahu.

“Kita juga menyiapkan jongko untuk memamerkan berbagai produk dari tahu mulai dari keripik, tahu goreng, dan lainnya,” ungkapnya.

Di Kampung Wisata Tahu tersebut terdapat lebih dari 200 perajin tahu. Sebagian besar profesi ini merupakan warisan turun – temurun keluarganya yang telah menjadi pembuat tahu .

Namun ada juga warga yang mulai merintis usaha menjadi pembuat tahu.

Suparjo mengatakan, bagi masyarakat yang ingin berwisata bisa menghubungi kelurahan dan RW setempat.

“Ayo warga silahkan datang ke kampung wisata tahu, sebagai tempat wisata baru di Kota Bandung,” katanya. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung