/Lokasi Ekoriparian Leuwi Padjadjaran di Mana ?

Lokasi Ekoriparian Leuwi Padjadjaran di Mana ?

Alamat atau lokasi Ekoriparian Leuwi Padjadjaran berada di kawasan Kampus Unpad Jatinangor, di Jalan Ir Soekarno KM 21 Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat.

Peresmian Ekoriparian Leuwi Padjadjaran dilakukan Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Sigit Reliantoro pada Selasa 9 Juli 2024 yang ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian Ekoriparian Leuwi Padjadjaran.

Fungsi Ekoriparian

Sigit mengatakan pembangunan ekoriparian sebagai salah satu upaya mengubah kawasan pinggir sungai, menjadi tempat yang menarik dan bersih untuk aktivitas masyarakat.

Ekoriparian juga merupakan potensi pembangunan infrastruktur hijau yang pengelolaanya diserahkan pada komunitas setempat. Tidak hanya sebagai tempat perbaikan lingkungan, ekoriparian dapat sekaligus menjadi tempat untuk edukasi masyarakat dan ekonomi bagi komunitas pengelolanya.

Melalui konsep ekoriparian tersebut, Sigit berharap sungai tidak lagi menjadi tempat untuk membuang sampah bagi masyarakat, tetapi dapat menjadi tempat wisata yang menawarkan hal menarik bagi masyarakat luas.

“Sebetulnya konsepnya kita sungai itu halaman depan bukan halaman belakang. Sungai itu adalah halaman depan, jadi halaman yang menarik, dibuat taman, dibuat orang bisa beraktivitas di sana,” kata Sigit dikutip dari siaran pers Humas Unpad, Kamis 11 Juli 2024.

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unpad, Hendarmawan mengatakan ekoriparian di lingkungan Unpad merupakan salah satu bagian penting dalam implementasi Pola Ilmiah Pokok Unpad, yaitu Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup.

Hendarmawan berharap hadirnya ekoriparian tidak hanya meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga lingkungan pada mahasiswa Unpad, tetapi juga pada masyarakat setempat di sekitar Unpad. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : Gedung Rektorat Unpad di Jatinangor (dok : Humas Unpad)