/Lanting dan Slodok Apakah Sama ?

Lanting dan Slodok Apakah Sama ?

Lanting dan Slondok adalah 2 makanan ringan atau cemilan alias kudapan, yang terbuat dari Singkong.

Slondok dan Lanting adalah 2 makanan khas dalam kuliner Jawa ataupun kuliner Jateng.

Lanting dan Slondok termasuk makanan tradisional bercitarasa asin. Namun Lanting dan Slondok memiliki beragam perbedaan.

Bedanya Lanting dan Slondok :

Slondok

= Pembuatan Slondok dimulai dari singkong dikupas lalu dicuci, kemudian diparut, dan ditekan (dipress) selama satu malam untuk menghilangkan kandungan airnya.

Kemudian diayak dan diparut menjadi tepung yang kasar, kemudian diayak kembali supaya menghasilkan tepung yang halus, kemudian dikukus.

Dinginkan (angin-angin) selama 3 hari 3 malam, kemudian dipotong-potong, setelah itu kemudian digiling dan dibentuk memanjang dan melingkar.

Selanjutnya dijemur hingga kering setengah matang, dicampur dengan bumbu, dijemur kembali hingga kering, dan digoreng dalam minyak panas yang banyak.

= Slondok memiliki tekstur yang lebih halus daripada Lanting

= Slondok termasuk kuliner khas Kabupaten Magelang (Provinsi Jateng) dan Kabupaten Kulonprogo (Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)

Lanting

= Proses pembuatan lanting dimulai dari pengupasan singkong, pencucian, diparut, diperas, dibentuk bola dan dikukus. Lalu digiling dan dihaluskan sampai berbentuk mie, kemudian dibentuk angka 8 atau bulat, lalu digoreng dalam minyak panas, dan dibumbui.

Lanting berbentuk angka 8 dan bulat, memiliki tekstur yang renyah sedikit keras. Lanting memiliki cita rasa asin, tetapi saat ini lanting telah memiliki beragam varian rasa mulai dari asin, gurih, sampai dengan pedas. Lanting berwarna kuning, putih, dan merah muda atau pink.

= Lanting memiliki tekstur yang kasar mirip dengan Endog Lewo khas Garut

= Lanting berasal dari kuliner Kebumen, Provinsi Jateng

Itulah bedanya Slondok dan Lanting. (Yatni Setianingsih/Golali.id)