/Langkah Pemkot Bandung Sejahterakan Anak

Langkah Pemkot Bandung Sejahterakan Anak

Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna memastikan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung selalu berupaya agar bisa menyejahterakan anak-anak di Kota Bandung.

“Pemkot Bandung berupaya menyejahterakan anak, dengan berbagai program dimulai dari regulasi,” kata Ema pada kegiatan Memperingati Hari Anak Nasional Tingkat Kota Bandung, di Hotel Horison, Senin 14 Agustus 2023.

Ema menerangkan, sejak tahun 2012, Kota Bandung sudah memiliki Perda Nomor 10 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak yang direvisi tahun 2019 dengan Perda Nomor 4.

“Inilah yang jadi landasan hukum berbagai program perlindungan anak melalui perangkat daerah berkolaborasi dengan stakeholders dengan pola pentaheliks antara pemerintah, akademisi, bisnis, komunitas, hingga media,” ungkapnya.

Memenuhi hak anak, kata Ema berarti menjamin akses pendidikan bagi semua anak.

“Sebagaimana amanat undang – undang, Pemkot Bandung turut menyelenggarakan wajib belajar minimal enam tahun tanpa memungut biaya alias gratis,” bebernya.

Ema menegaskan, Pemkot Bandung juga terus berupaya untuk memberikan estetika kota yang ramah anak. Seperti penegakan hukum terkait reklame.

“Reklame rokok jangan sampai ada di kawasan pendidikan, perkantoran, kesehatan dan sebagainya,” ungkap Ema.

“Satpol PP secara bertahap, tertibkan reklame yang melanggar,” imbuh Ema.

Di luar itu, Ema meminta kepada para orang tua untuk mengawasi anak-anak ketika menggunakan gadget.

“Harus bijak lihat konten saat menggunakan alat komunikasi. Jangan sampai gadget ini merusak moral anak,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala DP3AKB Provinsi Jawa Barat, I Gusti Agung Kim Fajar Wiyati Oka menyampaikan, anak mempunyai peran strategis bagi pembangunan.

Oleh karenanya, anak harus mendapatkan fasilitas yang bisa memberikan kesempatan untuk berekplorasi.

“Tiap anak itu perlu mendapatkan kesempatan yang luas untuk tumbuh berkembang yang optimal, baik fisik, mental juga sosial,” tuturnya. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung