/Kuliner Sunda Dalam Preman Pensiun, Odading Viral Salah Satunya

Kuliner Sunda Dalam Preman Pensiun, Odading Viral Salah Satunya

Sinema elektronik (sinetron) Preman Pensiun yang pertama kali tayang di stasiun televisi swasta RCTI pada 2015, tidak hanya mengambil setting lokasi di kawasan Kota Bandung.

Dalam beberapa episode, sinetron yang mengisahkan tentang preman yang ingin berganti sumber mata pencaharian hidupnya ini, seringkali menampilkan beberapa kuliner khas Sunda.

Apa saja kuliner tradisional yang hadir dalam sinetron yang dibintangi aktor senior Didi Petet dan Epy Kusnandar ini ?

Wajit Cililin


Kuliner tradisional berbahan tepung beras ini, menjadi salah satu kudapan favorit dari tokoh utama Kang Bahar (Didi Petet). Dalam sinetron Preman Pensiun, Kang Bahar menikmati wajit Cililin yang manis ini dengan teh pahit
panas.
Pada beberapa kesempatan, kuliner Sunda ini menjadi suguhan saat sahabatnya Kang Barja bertamu ke rumah Kang Bahar.

Ranginang


Nah, kuliner kriuk berbahan dasar beras ketan putih atau hitam ini seringkali dikirim Uyan teman dari Kinanti (putri bungsu Kang Bahar).
Uyan biasanya mengirimkan ranginang mentah, yang dibeli di salah satu pasar tradisional di Kota Bandung.

Biasanya Imas (asisten rumah tangga di rumah Kang Bahar), akan menggoreng ranginang sebelum disantap Kang Bahar dan keluarga.
Terkait ranginang ini, Kang Bahar seringkali marah, karena dianggapnya ini sebagai cara Uyan untuk merebut hatinya supaya boleh dekat dengan Kinanti. Meskipun begitu, Kang Bahar tetap mau menikmati ranginang ini.

Kicimpring


Kicimpring menjadi kuliner utama dalam sinetron ini, terutama saat Kang Mus (Epy Kusnandar) memilih untuk meninggalkan dunia preman dan merintis membangun bisnis yang menjatuhkan pilihannya pada kicimpring.

Proses produksi kicimpring yang terbuat dari singkong ini, awalnya hanya melibatkan keluarganya. Kicimpring ini diberi merek Kang Mus, yang dititipkan ke pasar tradisional maupun pusat oleh-oleh di Kota Bandung namun tidak terlalu booming.
Akhirnya merek ini pun diganti dengan nama Kicimpring Family dengan perubahan cara promosi untuk branding produknya.

Baca juga :  Lirik Lagu Ku Menunggu dari Rossa

Cilok


Kuliner tradisional khas Sunda yang diangkat dalam sinetron Preman Pensiun, yaitu cilok. Jajanan yang namanya akronim dari aci dicolok (tepung tapioka yang ditusuk – dalam bahasa Sunda) ini, menjadi pilihan usaha dari Ubed
(copet yang seringkali harus berurusan dengan Kang Mus Cs).

Ubed memilih berjualan cilok, setelah berganti berbagai pekerjaan serabutan dan tidak ingin lagi menjadi copet. Meskipun bisnisnya sempat naik turun, akhirnya Ubed dapat membangun bisnis cilok dan memiliki beberapa pedagang yang menjajakan cilok dengan cara berkeliling menggunakan gerobak.

Odading


Sebelum odading viral oleh selebgram Ade Londok, odading pernah beberapa kali muncul dalam sinetron Preman Pensiun. Roti goreng ini, menjadi salah satu kue untuk sarapan yang dipilih Saep (copet yang sering berurusan
dengan Kang Mus Cs).

Saep biasanya menikmati odading dengan kopi pahit. Odading maupun kopi pait ini, biasanya dibeli Saep dari pedagang odading dan kopi keliling di kawasan Alun-alun Bandung. (*/Golali.id)