/Kue Kering Adalah

Kue Kering Adalah

Kue kering atau cookies disebut juga kukis adalah makanan ringan, yang terbuat dari campuran adonan tepung dengan telur dan mentega yang dimasak dengan cara dipanggang atau dioven.

Tepung yang biasanya digunakan untuk membuat kue kering antara lain tepung terigu, tepung sagu, tepung beras, dan tepung tapioka.

3 rasa kue kering

Rasa kue kering bervariasi mulai dari manis, karena ditambah campuran gula tepung dalam pembuatannya.

Kue kering rasa asin, ditambah garam pada bahan campuran adonannya.

Kue kering becitarasa gurih karena tambahan campuran keju.

Di Indonesia kue kering terdiri dari kue kering tradisional yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, umumnya kue kering tradisional ini dimasak dengan cara digoreng dan dibakar. Kue kering tradisional ini ada yang memiliki resep asli dan berkembang di daerah tersebut, maupun telah bercampur dengan resep kue kering dari negara lain yang masuk ke Indonesia, atau kue kering yang asli resep dari luar negeri .

Kue kering yang berasal dari luar negeri, pertama kali masuk ke Indonesia di masa penjajahan Belanda. Kue kering tersebut tidak hanya asli Belanda tetapi bercampur dengan berbagai resep dari negara lainnya. Kue kering dari luar negeri pada umumnya dimasak dengan cara dioven atau dipanggang.

Adapun kue kering yang bukan dari Indonesia seperti kue nastar, kue semprit, kue kastengel, kue lidah kucing, kue putri salju, kue busa, kue kacang tanah, dan lain-lain.

(Yatni Setianingsih/Golali.id)  

TAGS: