/Kisah Natalia Dewi Puspita Sari, Sukses Bangun Kembali Bisnis Fashion Lewat Kampus UMKM Shopee

Kisah Natalia Dewi Puspita Sari, Sukses Bangun Kembali Bisnis Fashion Lewat Kampus UMKM Shopee

Pemilik GalleryFashion Natalia Dewi Puspita Sari, menjadi salah satu pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang mengembangkan bisnisnya dengan masuk Kampus UMKM Shopee di Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah.

Natali memulai bisnis fashion pada tahun 2019, namun bisnisnya bukan berkembang tetapi malah mengalami kerugian yang cukup besar karena ketatnya persaingan.

Omzet yang diraih oleh Natalia setiap harinya mengalami penurunan, hingga akhirnya di tahun 2021, bisnisnya terancam gulung tikar. Namun, menutup bisnis bukanlah pilihan bagi Natali karena bisnisnya menyangkut hajat hidup orang-orang di lingkungan sekitarnya. 

“Di tahun 2021, penjualan saya menurun drastis. Usaha yang sudah saya bangun dari nol terancam gagal, sedangkan harus tetap menjalankan bisnis ini dan yang terpenting adalah menghidupi karyawanku juga,” kata Natali dalam rilis SHOPEE.

Wanita berusia 28 tahun ini pun menemukan langkah baru untuk dapat membuka usaha kembali. Dia fokus menjual fashion muslim dengan nama Galleryfashion di platform dagang online.

“Setelah saya riset lebih dalam mempersiapkan strategi selanjutnya, akhirnya memutuskan untuk mempelajari bagaimana cara memaksimalkan penjualan online. Tahun 2021 lalu saya mendengar Shopee membuka Kampus UMKM Shopee Ekspor di Solo dan saya langsung ikut mendaftar buat belajar cara memulai bisnis online,” ungkapnya.  

Di Kampus UMKM Shopee, Natali mempelajari bagaimana cara mengembangkan toko seperti meningkatkan performa melalui chat dengan pembeli. Selain itu, juga mempelajari mengenai optimalisasi fitur-fitur promosi seperti flash sale toko, promo toko, cara beriklan dan memberikan subsidi harga. 

Upaya yang dilakukan Natali bersama dengan Kampus UMKM Shopee terbukti membuahkan hasil. Omzet penjualan GalleryFashion naik hingga 49 persen setelah mengikuti pelatihan dan menerapkan materi-materinya. Demikian, bisnis Natali menjadi salah satu usaha yang berkembang di masa pandemi dengan memaksimalkan penjualan melalui e-commerce, Shopee. Bahkan kini usahanya berhasil membuka lapangan pekerjaan bagi 77 karyawannya. 

“Aku melihat Kampus UMKM Shopee sebagai harapan untuk menghidupkan kembali tokoku walaupun aku harus memulai dari awal. Sampai akhirnya aku bisa memberdayakan orang-orang untuk menjadi karyawan. Hal ini juga berimbas ke usaha produksi konveksi milik keluargaku yang semakin meningkat dan dapat membuka lapangan kerja untuk lebih banyak orang. Shopee memberikan harapan bagiku untuk melanjutkan mimpi dan memberdayakan orang-orang sekitar,” ungkap Natali. 

Kampus UMKM Shopee memang menjadi salah satu bentuk komitmen untuk membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka.

“Kami memberikan materi yang berfokus pada optimalisasi cara berjualan online di Shopee. Melalui materi ini, kami berharap dapat membantu para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya” ungkap trainer Kampus UMKM Shopee Solo, Ayu Subagya. (*/Golali.id)

foto : Shopee Indonesia