/Kicimpring, Oleh-oleh Khas Jawa Barat

Kicimpring, Oleh-oleh Khas Jawa Barat

Kicimpring, makanan ringan khas Sunda ini, bisa menjadi pilihan cemilan di waktu senggang. Terbuat dari singkong yang diparut, dicampur dengan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, garam, dan ketumbar.

Kadang ada beberapa pembuat kicimpring yang membubuhi potongan daun bawang maupun potongan cabai merai.
Campuran adonan kicimpring ini lalu dipipihkan, dikukus beberapa menit, dijemur diterik matahari, dan setelah kering baru digoreng.


Kicimpring biasanya disantap dengan ulen dan ketan goreng. Atau juga menjadi teman minum kopi dan teh panas.
Kicimpring mentah dapat bertahan beberapa bulan, sehingga tak mengherankan jika kicimpring sering dipilih menjadi oleh-oleh, para wisatawan saat melancong ke Jawa Barat.


Adapula yang memilih kicimpring matang untuk oleh-oleh, tentunya harus dibawa dalam toples atau plastik yang kedap udara.

Kicimpring banyak dijual di pasar tradisional atau toko oleh-oleh di daerah Jawa Barat. Kicimpring ini pun menjadi salah satu ide bisnis dalam sinema elektronik (sinetron) Preman Pensiun yang tayang di RCTI.

Di mana tokoh utama dalam sinetron ini, Kang Mus pensiun menjadi preman di jalan. Kemudian memilih membuka bisnis kuliner tradisional yaitu kicimpring. (*/Golali.id)

Baca juga :  iDo Voice dari Indosat Ooredoo Fasilitasi Korporasi Dalam Bisnis