/KBRI : Dampingi Repatriasi Jenazah Eril dan Pastikan Pengurusan sesuai Syariat Islam

KBRI : Dampingi Repatriasi Jenazah Eril dan Pastikan Pengurusan sesuai Syariat Islam

Dubes RI untuk Swiss Muliaman Hadad memastikan, pengurusan jenazah anak sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz sesuai dengan syariat Islam.

“KBRI Bern tentunya memastikan bahwa penghormatan hak-hak ananda Eril sebagai muslim terpenuhi sesuai dengan syariat Islam untuk selanjutnya KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga dalam Persiapan dalam proses pengurusan repatriasi ananda Eril ke Tanah Air,” kata Muliaman dalam konfrensi pers virtual, Kamis 9 Juni 2022 malam.

Muliaman mengatakan, KBRI akan memastikan untuk pengawalan kaitan repatriasi jasad Eril hingga tiba di Indonesia

“KBRI juga akan melakukan pengawalan dalam proses repatriasi hingga Ananda Eril tiba di Indonesia kami mohon doa dan dukungan teman-teman media sekalian agar seluruh proser kepulangan ananda Eril ke Indonesia dapat berjalan dengan lancar” jelasnya.

“Setiba di Jakarta nanti Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia Kementerian Luar Negeri akan memfasilitasi kedatangan rombongan di bandara Sukarno Hatta,” tutup Muliaman.

Di tempat yang sama, adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman menyampaikan, pihak keluarga akan menerima jasad Eril dan akan menyempurnakannya sebagaimana syariat Islam. Eril akan dimandikan, dikafani, disalatkan, dan dikuburkan dengan cara Islam.

“Keluarga akan menerima almarhum Eril untuk kemudian kami akan menyempurnakan hak Eril selaku muslim,” kata Elpi. 

“Untuk waktu kami belum bisa memastikan pasti kapan akan tiba di Indonesia tapi pada dasarnya kami akan lakukan secepatnya sejauh yang memungkinkan tergantung kondisi situasi sumberdaya yang mendukung,” sambungnya.

Elpi juga mengatakan bahwa pihak keluarga berharap jasad Eril bisa tiba di Indonesia pada hari Sabtu (11/6/2022), dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses pencarian.

Mulai dari pihak kepolisian Bern, kepolisian maritim Bern, Pemerintah Kota Bern, pemerintahan federal Swiss, juga KBRI di Bern.

“Kami merasa tidak sendirian dan Negara hadir melindungi warga Negara Indonesia di mana pun,” ucap Elpi. (Humas Pemprov Jabar/Golali.id)

Foto : Humas Pemprov Jabar