/Kang Emil Izinkan Namanya Dipakai Merek UMKM, Asalkan
Kang Emil

Kang Emil Izinkan Namanya Dipakai Merek UMKM, Asalkan

Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil, mengizinkan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) menggunakan namanya untuk merek produknya.

“Kalau menganggap nama saya bisa meningkatkan bisnis UMKM silakan dipakai,” kata Kang Emil dikutip dari rilis resminya, Kamis 25 November 2021.

Kang Emil menjelaskan tidak ada royalti yang harus dibayarkan. Kang Emil memberikan dua syarat bagi UMKM yang akan menggunakan namanya.

Pertama, harus memberitahu dirinya dulu.

Kedua, bisnisnya harus yang sesuai dengan etika syariah.

“Syaratnya cuma dua, karena nama saya mau dipakai yaitu laporan dulu dan bisnisnya harus yang sesuai etika syariah, jangan namanya untuk karaoke plus Ridwan Kamil,” imbuh Kang Emil.

Tak hanya itu, Kang Emil juga membantu memasarkan produk UMKM lewat media sosialnya yang memiliki belasan juta pengikut. Bahkan ia pun turut mendesain produk UMKM seperti sepatu, celana jeans, helm, jaket dan produk lainnya secara gratis.

“Saya juga jadi marketingnya, saya posting di Instagram yang follower-nya 14 juta, dan bantu juga untuk desain produknya,” tutup Kang Emil. (*/Golali.id)

Dok : Humas Pemprov Jabar