/Jumlah RT dan RW di Kota Bandung

Jumlah RT dan RW di Kota Bandung

Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, para ketua RT dan RW harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban serta menyosialisasikannya kepada masyarakat.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat menghadiri Peningkatan Kapasitas Kinerja RW di Kota Bandung di The Cipaku Garden Hotel, 20 Februari 2023.

“Peran aktif ketua RT dan RW dalam Pemilu diharapkan memberikan hasil berkualitas dapat terwujud,” kata Yana.

Yana mengatakan, ketua RT dan RW juga berperan sangat aktif dalam meningkatkan partisipasi pemilih di wilayahnya. Ia menargetkan partisipasi masyarakat Kota Bandung dalam Pemilu 2024 dapat mencapai lebih dari 90 persen.

“Suksesnya pemilu yakni partisipasi pemilih. Mudah-mudahan bisa meningkat dari 87 sampai 90 persen,” ujarnya.

Lebih Lanjut, ujar Yana, para ketua RT dan RW juga harus pula menjamin para pemilih disabilitas dapat menggunakan hak pilihnya.

“Kita menjaga situasi tetap kondusif dan pelaksanaan pesta demokrasi yang diharapkan dan memberikan kemaslahatan bagi masyarakat,” katanya.

Senada dengan Wali Kota Bandung, Ketua DPRD Kota Bandung, Teddy Rusmawan mengatakan, peran RT dan RW menjadi garda terdepan dalam mengendalikan dinamika keamanan di wilayahnya.

“Terkait dinamika situasi lingkungan, setiap kewilayahan sudah ada patroli gabungan memberikan keamanan bagi warga. RT dan RW harus memantau warga terutama menjelang tahun politik. RW dan RT menjadi garda terdepan bersama aparat kewilayahan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Forum RW Kota Bandung, Lily Maulana memastikan pihaknya akan berkomitmen menghadirkan situasi kondusif di kewilayahan terutama menjelang Pemilu 2024. Ia mengatakan, di Kota Bandung terdapat 1.598 RW dan 9.941 RT.

“Kami siap melaksanakan pemilihan umum pemilu 2024 nyaman dan kondusif di Kota Bandung,” ungkapnya. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung