/Jenis Kuah Soto

Jenis Kuah Soto

Soto termasuk salah satu makanan berkuah, yang tersebar di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Melansir Buku SOTO: Nikmat dari Indonesia untuk Dunia yang ditulis Forum Komunikasi Kuliner Indonesia, dijelaskan berbagai jenis kuah dari soto.

Soto terbagi dalam 2 jenis kuah :

= Soto berkuah bening

Soto berkuah bening yang berasal dari kaldu untuk membuat kuah soto yaitu daging ayam, daging sapi, jeroan ayam, ataupun sayuran.

= Soto berwarna

Soto berwarna adalah soto yang kuahnya memiliki warna karena selain menambahkan kaldu, kuah soto ini diberi beragam tambahan bumbu dan rempah yang berwarna. Seperti soto berwarna kuning, berasal dari kunyit, soto berwarna putih berasal dari tambahan santan, dan soto berwarna cokelat atau keruh karena ada penambahan kecap.

soto berasal dari kuliner China yang masuk ke Nusantara dan bercampur dengan berbagai kuliner dari luar Nusantara maupun Nusantara. Soto berbaur dengan kuliner India, Eropa, dan kuliner Indonesia. Sehingga soto yang dinikmati saat ini, merupakan hasil akulturasi budaya dari berbagai kuliner yang ada di Nusantara.

Soto bening merujuk kepada kuliner China, sementara soto berkuah kari seperti pada soto sulung, soto Betawi, dan soto Madura menjadi ciri khas dari kuliner India. Penggunaan bahan selederi, kol, kentang, dan tomat diadaptasi dari kuliner Eropa. Sementara penambahan emping, kerupuk rambak, daun salam, koya, santan, tempe goreng, kunyit, dan bawang merah goreng menjadi ciri khas dari masakan Jawa.

Adapun ciri khas dari soto :

= Berkuah

= Berkaldu daging ayam atau sapi atau sayuran

= Memiliki isian daging sapi atau ayam suwir, sohun, tauge

= Biasa disajikan bersama nasi atau lontong

= Soto menjadi menu hidangan yang disantap untuk sarapan atau makan pagi, makan siang, maupun makan malam.

Itulah sekilas tentang soto, kuliner yang ada di Indonesia. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : Soto Betawi