/Jenis-jenis Tahu Berdasarkan Warnanya

Jenis-jenis Tahu Berdasarkan Warnanya

Tahu adalah salah satu olahan dari kacang kedelai, yang diproses menjadi sari kedelai kemudian diberi cuka tahu sebagai penggumpal. Tahu merupakan kuliner yang berasal dari China, yang telah lama masuk ke Indonesia.

Di pasaran jenis tahu yang sangat familiar dijual berdasarkan warnanya terdiri dari 2 macam yaitu :

1) Tahu kuning

Tahu kuning adalah tahu yang diberi pewarna alami dari kunyit. Proses pemberian warna dilakukan saat perebusan tahu, sebagai bagian akhir dari proses produksi tahu.

2) Tahu putih

Tahu putih adalah tahu yang tidak mendapatkan penambahan warna. Tahu putih saat direbus hanya ditambah bumbu seperti garam.

Sejarah tahu di Indonesia

Mengutip Buku Jejak Rasa Nusantara : Sejarah Makanan Indonesia, yang ditulis Fadly Rahman :

Dalam Prasasti Watukara dari Jawa Timur (bertarikh 824 C/902 M)menyebut kata tahu sebagai salah satu jenis makanan saat itu. Tahu ditafsirkan merujuk pada pengaruh Tionghoa. Kata tahu dalam prasasti itu sepertinya diserap dari bahasa Hokkian atau dialek Selatan (Hainan), tau-hu. Jika benar begitu, berarti pada abad ke-10 M kedelai telah dimanfaatkan sebagai jenis makanan yang dibuat melalui teknkik pengolahan tertentu di Jawa (Hal 20).

Mengutip Buku Dapur Naga di Indonesia yang ditulis Suryatini N.Ganie dan Myra Sidharta :

Tahu konon dibawa dari Tiongkok, namun waktunya tidak dapat ditentukan secara tepat. Orang Kediri mengklaim bahwa Kediri adalah kota pertama di Nusantara yang mengenal Tahu, yang dibawa oleh tentara Kublai Khan (Kaisar Tiongkok) pada tahun 1292. (Halaman 142) (Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : Humas Pemkot Bandung