/Jalan Panjang Andri Saputra dari SMK Administrasi Perkantoran Diterima di ITB

Jalan Panjang Andri Saputra dari SMK Administrasi Perkantoran Diterima di ITB

Andri Saputra, salah satu mahasiswa Aktuaria 2021 FMIPA ITB ini memiliki cerita menarik terkait perjalanannya lulus menjadi mahasiswa ITB. Andri Saputra merupakan lulusan jurusan Administrasi Perkantoran, dari SMKN 42 Jakarta tahun 2019.

Andri Saputra memiliki hobi pelajaran hitung-hitungan, maka setelah lulus SMK Andri menjadi tutor di lembaga bimbel yang ada di Jakarta. Sebagai lulusan siswa SMK non teknik,  Andri mengakui ada stigma umum jika lulusan SMK tak bisa masuk ke universitas teknik.

“Teman-teman dan guru-guru dulu juga banyak yang bilang bahwa mana bisa siswa SMK seperti saya ini bisa masuk ke universitas sekelas ITB, apalagi ke fakultas seperti FMIPA. Saya paham maksud mereka tidaklah buruk, namun pada saat itu saya jadi kian membulatkan tekad untuk membuktikan bahwa keinginan saya dapat dicapai,” cerita Andri Saputra dikutip dari ITB, Jumat 8 Juli 2022.

Anak bungsu dari 6 bersaudara ini, mengisahkan alasannya berubah haluan dari SMK ke FMIPA ITB, Andri menjelaskan bahwa sebenarnya dia juga menyadari bahwa langkah pendidikannya tidaklah mainstream. Namun, Andri memiliki alasan yang kuat untuk menjawab pertanyaan tersebut.

“Sebenarnya masuk SMK itu bukanlah pilihan saya sendiri. Itu merupakan saran dan permintaan almarhumah ibu saya. Beliau dulu menginginkan saya masuk ke SMK dengan alasan agar saya bisa siap bekerja dengan ijazah tersebut, karena memang kondisi keluarga kami yang tidaklah pasti dapat membiayai saya kuliah,” imbuh Andri.

“Kalau untuk memilih FMIPA, dari kecil, saya memang sudah sangat menyukai matematika. Saya selalu belajar matematika dan mengerjakan soal adalah kesenangan saya,” sambungnya.

Andri berpesan kepada murid SMK yang ingin masuk ITB seperti dirinya, harus terus semangat mengejar cita-cita.

Baca juga :  ITB Angkat Keunikan Batik Motif Buketan Lewat Website batikbuketan.com

“Pesan saya untuk teman-teman yang ada di bangku SMK dan bercita-cita masuk ITB, intinya jangan kecil hati. Apalagi bila jurusan/fakultas yang kalian incar di sini ada hubungan dengan jurusan SMK kalian. Memang untuk mengejar SBMPTN dari SMK akan sulit, namun kita harus bisa optimis dan fokus pada impian kita. Belajar terus, jangan minder untuk ikut tutor atau bimbel, percaya diri dan yakin selalu,” kata Andri Saputra. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : itb.ac.id