/Jadwal Pengamatan Hilal Awal Ramadan di Observatorium Bosscha

Jadwal Pengamatan Hilal Awal Ramadan di Observatorium Bosscha

Tim Observatorium Bosscha melaksanakan pengamatan hilal di Observatorium Bosscha, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat atau Jabar.

Waktu pelaksanaan pengamatan hilal dilakukan pada tanggal 21-23 Maret 2023 dari pagi hari hingga Bulan terbenam di ufuk Barat. Pengamatan hilal ini berupa pengamatan bulan sabit sebagai penanda beralihnya bulan Sya’ban ke bulan Ramadhan 1444 H.

Menurut Peneliti Observatorium Bosscha, Agus Triono P.J kegiatan pengamatan bulan sabit bertujuan untuk meneliti ambang visibilitas (kenampakan) bulan sebagai fungsi dari elongasi terhadap ketebalan sabit bulan, juga dalam rangka rukyatul hilal bulan Ramadhan 1444 H.

“Rukyatul hilal dilaksanakan pada 22 Maret 2023 mulai sore hari hingga Bulan terbenam. Sabit bulan yang tampak setelah Matahari terbenam pada tanggal tersebut dikenal sebagai hilal,” terangnya dikutip dari siaran pers yang diterima Golali.id, Rabu 22 Maret 2023.

Pengamatan hilal dilakukan dengan menggunakan sebuah teleskop refraktor berdiameter 106 mm yang dilengkapi detektor kamera berbasis CMOS (Complementary Metal-Oxide Semiconductor).

Citra yang ditangkap kamera kemudian diproses menggunakan perangkat pengolahan citra untuk meningkatkan kualitas tampilan sabit bulan. Perangkat lunak ini dikembangkan secara mandiri oleh peneliti di Observatorium Bosscha.

Hasil pengamatan ini menjadi masukan dalam sidang isbat yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk memutuskan penentuan awal Ramadan 1444 H. Sidang isbat penentuan awal Ramadan akan berlangsung Rabu, 22 Maret 2023 pukul 18.15 WIB (Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : Google Maps

TAGS: