/Jadwal Migrasi Siaran TV Digital di Jabar

Jadwal Migrasi Siaran TV Digital di Jabar

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Jhoni G. Plate dalam puncak peringatan ke-89 Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) di The House Convention Hall, Pasirkaliki Hypersquare, Kota Bandung, Jumat (1/4/2022) mengatakan migrasi siaran televisi analog ke digital atau Analog Swicth Off (ASO) akan dimulai akhir April 2022 dan selesai paling lambat 2 November 2022. Hal ini sesuai amanat UU No 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Dikutip dari rilis Humas Pemprov Jabar, ASO tahap pertama 30 April 2022 akan dimulai di 12 daerah kawasan timur Jabar yakni Garut, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Ciamis, Pangandaran, Kota Banjar, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Cianjur, Majalengka, dan Sumedang.

Tahap kedua mulai 25 Agustus 2022 di wilayah Bandung Raya (Kota/Kab Bandung, Kota Cimahi, Kab Bandung Barat) serta kawasan Bodebek (Bogor, Depok, Bekasi), lalu terakhir 2 November 2022 untuk wilayah Barat atau Purwasuka (Purwakarta, Sukabumi, Subang, Karawang).

Adapun manfaat yang akan dirasakan masyarakat dengan siaran digital adalah gambar dan suara di televisi akan lebih jelas dan jernih. Namun bagi pesawat televisi yang masih analog, harus dibantu alat yang bernama STB tersebut.

Untuk warga tidak mampu di Jabar, Pemerintah Pusat menyalurkan satu juta lebih Set Top Box (STB). (*/Golali.id)

Foto : siarandigital.kominfo.go.id