/Jadwal dan Syarat Ikut Lomba Menulis Surat dari Temu Sejarah Indonesia dan Golali.id

Jadwal dan Syarat Ikut Lomba Menulis Surat dari Temu Sejarah Indonesia dan Golali.id

Komunitas Temu Sejarah Indonesia berkolaborasi dengan media online Golali.id, menyelenggarakan Lomba Menulis Surat dari Perempuan untuk Indonesia dengan tema “Kartini: dari Terang Menuju Cahaya”. Acara ini didukung bandungbergerak.id, digitalmama.id, dan Art Gullery.

Founder Komunitas Temu Sejarah Indonesia, Tiwi Kasavela mengungkapkan bahwa Lomba Menulis Surat untuk Indonesia dari Perempuan dengan tema “Kartini: Dari Terang Menuju Cahaya” adalah sebuah kompetisi sastra yang mengundang perempuan Indonesia dari berbagai latar belakang untuk mengekspresikan pemikiran, perasaan, dan harapan mereka untuk Indonesia melalui karya tulis berupa surat-surat.

Jadwal Pelaksanaan Lomba Menulis Surat untuk Indonesia dari Perempuan :

= Lomba Berlangsung: 21 Maret – 14 April 2024

= Penjurian Lomba : 15-17 April 2024

= Pengumuman Pemenang: 21 April 2024

Proses Lomba Menulis Surat Dari Perempuan Untuk Indonesia :

1.Pendaftaran peserta gratis, dilakukan secara online dengan cara mengisi formulir pendaftaran bit.ly/menulissuratkartini

2.Setiap peserta diwajibkan untuk menulis surat dengan tema “Kartini: Dari Terang Menuju Cahaya” dengan panjang maksimal 1.000 kata.

3.Surat dapat berisi pemikiran, pengalaman, harapan, atau pesan-pesan inspiratif yang ingin disampaikan peserta terkait dengan masa depan Indonesia.

4.Surat dikirimkan melalui formulir pendaftaran online bersama dengan data diri peserta.

5.Dewan juri yang terdiri dari para praktisi media dan penulis akan menilai surat-surat yang masuk berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditetapkan.

6.Pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 21 April 2024 melalui zoom, situs web Golali.id dan instagram @temusejarah.

Syarat Lomba Menulis Surat untuk Indonesia dari Perempuan :

1.Perempuan, usia 15 tahun ke atas

2.Follow akun instagram Temu Sejarah Indonesia (@temusejarah) dan Golali.id (@golalidotid), serta ajak 3 teman lainnya

3.Repost dalam bentuk instastory, flyer promo Lomba Menulis Surat untuk Indonesia dari Perempuan dari akun instagram Temu Sejarah Indonesia atau Golali.id.

Dewan Juri Lomba Menulis Surat untuk Indonesia dari Perempuan :

= Tiwi Kasavela (Praktisi Media, Novelis dan Founder Temu Sejarah Indonesia)

= Yatni Setianingsih (Praktisi Media dan Owner Golali.id)

= Lupita Lestari (Penulis dan Editor)

= Vina Melinda (Penulis)

Hadiah Lomba Menulis Surat untuk Indonesia dari Perempuan :

= Juara 1 : 1 buku Gelap Terang Hidup Kartini, 3 novel karya Tiwi Kasavela dan Book Hampers

= Juara 2 : 1 buku Gelap Terang Hidup Kartini dan 2 novel karya Tiwi Kasavela

= Juara 3 : 1 buku Gelap Terang Hidup Kartini dan 1 novel karya Tiwi Kasavela

= Artikel terpilih akan dipublikasikan di website Golali.id

“Lomba ini diadakan untuk memperingati dan menghargai semangat juang Kartini serta menginspirasi perempuan Indonesia untuk berkontribusi dalam membangun masa depan yang lebih baik melalui karya tulis berupa surat-surat yang menggugah dan memberikan pemikiran positif,” sambung Tiwi Kasavela.

Raden Ajeng Kartini, atau yang lebih dikenal sebagai Kartini, merupakan salah satu tokoh emansipasi perempuan Indonesia yang sangat berpengaruh. Semangatnya dalam memperjuangkan hak-hak perempuan, kesetaraan, dan pendidikan telah memberikan inspirasi bagi banyak orang, tidak hanya di masa lalu, tetapi juga hingga saat ini.

“Melalui lomba ini, kami ingin mengingatkan kembali akan keberadaan Kartini dan mendorong perempuan Indonesia untuk mewarisi semangatnya dalam mencapai kemajuan bagi bangsa dan negara,” tegas Tiwi Kasavela. (*)